Tips Membuat Sayur Lodeh Sarden, Rasanya Bikin Ketagihan

Senin, 07 September 2020 - 11:03 WIB
loading...
Tips Membuat Sayur Lodeh Sarden, Rasanya Bikin Ketagihan
Sayur Lodeh menjadi salah satu menu favorit banyak keluarga Indonesia. Rasanya semakin menggugah saat dikombinasikan dengan sarden. Anda pun bisa membuatnya di rumah. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sayur Lodeh menjadi salah satu menu favorit banyak keluarga Indonesia. Ini karena rasanya yang menggugah selera. Selain sehat karena Sayur Lodeh terdiri dari komposisi sayuran yang beraneka ragam, rasa gurih dari kuah santan membuat menu ini semakin lezat.

Kali ini Chef Devina Hermawan menghadirkan resep Sayur Lodeh yang sedikit berbeda. Dia menambahkan sarden pada masakan ini. Perpaduan ini membuat sayur lodeh semakin kaya rasa. Tertarik mencobanya? Berikut resep membuatnya seperti dikutip channel YouTube Devina Hermawan. (Baca juga: Tips Membuat Acar Gandaria, Pelengkap Makanan Jadi Kaya Rasa )

Bahan-bahan:
1 kaleng sarden

Bumbu halus:
5 siung bawang putih, geprek
5 siung bawang merah, geprek
½ sdt ketumbar
2 kemiri, geprek
1 ruas lengkuas, geprek
3 lembar daun salam

Isian:
1 buah wortel, iris
5 kacang panjang, potong
1 buah jagung, pipil
1 buah terong ungu, potong
1 papan tempe, potong dadu
50 gr daun tangkil atau melinjo
50 gr tangkil atau melinjo
1 buah labu siam, potong dadu
5 buah cabai hijau, iris
1 bungkus sohun, rendam air panas
150 ml santan
1200 ml air
1 sdm garam
2 sdm gula
1 sdt merica

Cara membuat:
Tiriskan sarden di atas tisu, panaskan api dan beri sedikit tepung agar tidak meletup-letup kemudian goreng ikan hingga kering lalu tiriskan. Blender bumbu halus dengan sedikit minyak kemudian tumis dengan lengkuas dan salam hingga wangi dan kering lalu tambahkan air. (Baca juga: Wajah dan Mata Rihanna Bengkak Setelah Kecelakaan Skuter Listrik )

Masukkan wortel, kacang panjang, jagung, terong, tempe, melinjo, daun melinjo, labu siam, dan cabai hijau, rebus hingga empuk dan matang. Masukkan sarden yang sudah digoreng dan santan, bumbui dengan gula, garam, dan merica. Aduk rata. Masukkan sohun, matikan api. Sayur lodeh sarden siap disajikan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)