Diet Rendah Karbohidrat vs Diet Rendah Lemak, Mana yang Terbaik?

Selasa, 08 September 2020 - 09:03 WIB
loading...
Diet Rendah Karbohidrat...
Rendah karbohidrat dan rendah lemak adalah dua tren diet umum yang menjanjikan penurunan berat badan dengan cepat dan efektif. Tetapi, mana yang lebih baik? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Saat Anda mencoba menurunkan berat badan, saran pertama yang akan Anda dapatkan adalah mengurangi asupan lemak dan karbohidrat. Baik karbohidrat dan lemak terkait dengan penambahan berat badan, tetapi juga merupakan bagian penting dari makanan yang dikonsumsi. Jadi, mengurangi semua itu tentu saja bukan pilihan yang baik.

Rendah karbohidrat dan rendah lemak adalah dua tren diet umum yang menjanjikan penurunan berat badan dengan cepat dan efektif. Tetapi dilema yang umum adalah mana yang lebih baik diantara dua pilihan diet tersebut?

Untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan umum ini, baru-baru ini para peneliti melakukan penelitian. Seperti dilansir Times of India, berikut ulasannya. (Baca juga: Pelurusan Mitos tentang Diet Ini Wajib Anda Tahu )

Untuk mengetahui perbedaan dan efektivitas dari dua tren diet populer, rendah karbohidrat vs rendah lemak, para peneliti melacak sekitar 600 orang dewasa yang mengikuti diet rendah lemak atau rendah karbohidrat selama setahun. Mereka mencoba mengetahui faktor-faktor yang mungkin bertanggung jawab atas penurunan berat badan mereka. Tetapi mereka benar-benar terkejut mengetahui bahwa hampir tidak ada perbedaan di antara keduanya.

Kedua tren diet tersebut mendorong hasil penurunan berat badan yang serupa. Namun, mereka tidak dapat dengan jelas menunjukkan cara beberapa orang dapat menurunkan berat badan lebih banyak daripada yang lain, apapun tren diet yang mereka ikuti.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Stanford di California, penelitian melibatkan mereka yang berusia antara 18 dan 50 tahun. Di antaranya, 6 dari 10 relawan adalah wanita. (Baca juga: Fermentasi Buah dan Sayur Bisa Jadi Alternatif Cegah Obesitas )

Para partisipan hanya diminta untuk membatasi asupan lemak dan karbohidrat mereka dan menghindari penghitungan kalori. Tetapi, mereka tidak diperbolehkan memiliki makanan yang tidak sehat. Mereka didorong untuk makan rumahan, mengemil dengan hati-hati, dan menghindari makanan olahan.

Hasilnya, ditemukan bahwa eksperimen itu bermanfaat bagi sebagian orang, sementara bagi yang lain tidak begitu efektif. Beberapa orang kehilangan 25 kilogram, sementara yang lain bertambah 10 kilogram.

Para peneliti menyimpulkan bahwa penurunan berat badan tidak hanya bergantung pada jenis diet yang Anda ikuti, tetapi juga pada faktor lain seperti gen Anda.

Rata-rata, ditemukan bahwa kedua kelompok orang tersebut kehilangan sekitar 6 kilogram berat badan dalam setahun. Dari penelitian tersebut jelas bahwa diet rendah lemak dan rendah karbohidrat membantu Anda menurunkan berat badan dalam jumlah yang sama. Tidak peduli diet mana yang Anda ikuti, makanlah dengan sehat dan berolahraga.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
Jangan Tunggu Keluhan,...
Jangan Tunggu Keluhan, Pemeriksaan Mata Anak Perlu Dilakukan Sejak Dini
5 Manfaat Kopi yang...
5 Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui, Bikin Panjang Umur hingga Cegah Penyakit Kronis
Vicky Shu Sempat Alami...
Vicky Shu Sempat Alami Body Shaming, Kini Sukses Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan
Faktor Genetik Bisa...
Faktor Genetik Bisa Sebabkan Obesitas, Tapi Masih Bisa Dicegah
Pernah Obesitas, Ini...
Pernah Obesitas, Ini Kisah dr. Gia Pratama Turun Berat Badan dari 100Kg
Hidup dengan Multiple...
Hidup dengan Multiple Sclerosis, Penderita Kelihatan Baik-baik Saja meski Berjuang Dalam Diam
Asosiasi Minta Rancangan...
Asosiasi Minta Rancangan Aturan Peringatan Kesehatan Tak Bertentangan dengan UU Hak Kekayaan Intelektual
Kronologi Wanita Ditabok...
Kronologi Wanita Ditabok Sesama Penumpang JakLingko
Rekomendasi
IHSG Hari Ini Dibuka...
IHSG Hari Ini Dibuka Makin Terkapar di Posisi 5.486, Ada 515 Saham Melemah
Dipakai Bayar Utang...
Dipakai Bayar Utang dan Jaga Rupiah, Cadangan Devisa Mei 2026 Ambles ke USD144,9 Miliar
Trump Marah dan Ngambek...
Trump Marah dan Ngambek pada Host NBC: ‘Anda Curang atau Bodoh’
Berita Terkini
Jessica Janie Ungkap...
Jessica Janie Ungkap Kunci Lolos Miss Indonesia 2026, Jadi Diri Sendiri dan Jangan Menyerah
Kejari Tangerang Tegaskan...
Kejari Tangerang Tegaskan Tak Ada Perlakuan Khusus untuk Dokter Richard Lee di Lapas
Hari Kedua Audisi Miss...
Hari Kedua Audisi Miss Indonesia 2026 Membludak, Talenta Muda Surabaya Tunjukkan Pesonanya
Ruben Onsu Pertimbangkan...
Ruben Onsu Pertimbangkan Rebut Hak Asuh Anak dari Sarwendah, Ini Alasannya
Wardatina Mawa Dikabarkan...
Wardatina Mawa Dikabarkan Dilamar Pria Turki, Begini Klarifikasi Lengkapnya
Curhat Makki Ungu soal...
Curhat Makki Ungu soal Ekonomi Lesu, Sebut Pendapatan Musisi Menurun Gara-gara Ini
Infografis
10 Universitas Terbaik...
10 Universitas Terbaik di Indonesia yang Masuk Peringkat Dunia versi THE WUR 2026
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved