Jaga Tingkat Hidrasi, Jangan Tunggu Haus Baru Minum

Kamis, 10 September 2020 - 10:41 WIB
loading...
A A A
“Ketika sel otot tidak cukup cairan, sel ini tidak bisa bekerja dengan baik,” imbuh Guest. Merujuk pada American College of Sports Medicine, dianjurkan minum air sebelum dan selama berolahraga. Panduan ini menyarankan minum air putih dua jam sebelum berolahraga, dan saat berolahraga disarankan minum air segera. Hal ini guna menggantikan cairan yang hilang lewat keringat. (Baca juga: Jokowi Minta Semua Pihak Merancang Pembinaan Atlet)

Hidrasi Jaga Kesehatan Kulit

Air rupanya memiliki segudang manfaat. Mungkin banyak diantara kita yang belum tahu bahwa air putih membantu menjaga kesehatan kulit. Untik diketahui, kulit mengandung banyak air yang berfungsi sebagai penghalang untuk mencegah kehilangan cairan. Tapi jangan lantas berharap minum air banyak dapat menghilangkan kerutan atau garis-garis halus di wajah.

“Dehidrasi membuat kulit terlihat kering yang bisa dicegah dengan cukup hidrasi. Jika tubuh sudah terhidrasi, ginjal akan mengambil alih peran dan mengeluarkan cairan berlebih,” beber Dermatologist Kenneth Ellner, MD. Ia melanjutkan, kita juga bisa “mengunci” kelembaban dengan memakai pelembab sehingga ada penghalang agar kulit tetap lembab.

Cairan dalam tubuh membantu mengeluarkan sampah keluar dari sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah. Ini adalah sampah cairan yang larut dan bisa melewati ginjal untuk dikeluarkan melalui urine. Ginjal adalah organ penting yang membersihkan racun-racun dari tubuh selama cairan yang diasup cukup. Jika cukup hidrasi, urine akan berwarna terang dan tidak berbau.

Sebaliknya, jika tubuh tidak mendapat asupan cairan yang cukup maka urine akan berwarna keruh dan berbau. Mengapa? Sebab ginjal menangkap cairan berlebih dari fungsi tubuh. Nah, jika Anda masih malas minum air putih, risiko batu ginjal akan menghantui. Cukup hidrasi juga membantu sistem pencernaan dan mencegah konstipasi. Tapi kalau hidrasi kurang, maka usus akan menarik air dari feses guna menjadi hidrasi. (Lihat videonya: Limbah Medis Rumah Sakit Mencemari Sungai Cisadane)

Yang terjadi selanjutnya tubuh akan sembelit. Cukup cairan dan serat adalah kombinasi yang sempurna. Sebab cairan akan memompa serat dan bekerja seperti sapu untuk menjaga agar pencernaan bekerja. Ada beberapa tips agar Anda cukup hidrasi. Diantaranya, selalu minum disela ngemil ataupun makan berat, pilihlah minuman yang disukai.

Makan lebih banyak buah dan sayuran, keduanya tinggi cairan dan bisa menambah hidrasi Anda. Sekira 20% dari cairan tubuh berasal dari makanan. Selalu bawa air dalam botol dan taruhlah di atas meja kerja. Sebaiknya pilih minuman yang sesuai kebutuhan, jika sedang diet maka pilih minuman non kalori. (Sri Noviarni)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3494 seconds (0.1#10.140)