Air Minum Mempengaruhi Barat Badan Anda, Mau Gemuk atau Kurus?

Kamis, 10 September 2020 - 17:28 WIB
loading...
Air Minum Mempengaruhi Barat Badan Anda, Mau Gemuk atau Kurus?
Air penting untuk semua makhluk hidup. Segelas air tidak hanya memuaskan dahaga, juga memberi kita nutrisi penting, seperti zat besi, seng, dan klorida. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Air penting untuk semua makhluk hidup. Segelas air tidak hanya memuaskan dahaga, juga memberi kita nutrisi penting, seperti zat besi, seng, tembaga, yodium, kalsium, fosfor, magnesium, fluorida, natrium, kalium dan klorida.

Untuk semua individu, minum air dalam jumlah yang cukup setiap hari sangat penting karena membantu menyerap nutrisi dari makanan, mengeluarkan racun dari tubuh dan mencegah beberapa penyakit.

Nah, ada alasan lain bagi Anda untuk minum banyak air setiap hari. Jika lingkar pinggang Anda bertambah dan timbangan Anda tidak bergeming, bahkan setelah makan makanan yang sehat dan melakukan aktivitas fisik, itu bisa jadi karena Anda mengalami dehidrasi. (Baca juga: 5 Tips Diet yang Membantu Wanita Tetap Sehat di Usia 40 Tahun )

70 persen tubuh kita terdiri dari air dan dibutuhkan untuk menjalankan semua fungsi tubuh yang diperlukan. Air memainkan peran penting dalam menjaga metabolisme dan membuang bahan limbah dari tubuh.

1. Retensi air
Tubuh kita membutuhkan jumlah air yang tetap untuk berfungsi. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup air, tubuh mulai menahan air, yang menyebabkan penambahan berat badan. Ini juga akan membuat Anda dehidrasi.

2. Membuat Anda merasa lapar
Asupan air yang tidak mencukupi dan rasa lapar saling terkait satu sama lain. Saat Anda mengalami dehidrasi, tubuh mengirimkan sinyal ke otak. Otak kita mengambil sinyal haus dan mengirim sinyal lapar sebagai gantinya, yang membuat Anda makan berlebihan.

3. Metabolisme menurun
Karena asupan air yang tidak mencukupi, metabolisme Anda akan menurun, kesehatan usus Anda akan terganggu dan Anda akan menambah berat badan alih-alih kehilangannya. Cairan yang kurang dalam tubuh juga akan membuat Anda merasa sembelit dan Anda mungkin akan kesulitan buang air besar. Jika sistem internal Anda tidak berfungsi dengan baik maka penurunan berat badan tidak mungkin dilakukan. (Baca juga: Jaga Tingkat Hidrasi, Jangan Tunggu Haus Baru Minum )

4. Minum air putih cara yang benar untuk menurunkan berat badan
Setiap orang, apakah mencoba untuk mengurangi berat badan atau tidak, harus minum setidaknya 2 liter air setiap hari. Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan atau melakukan olahraga intensif maka tingkat asupan cairan Anda harus 3 liter atau lebih.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum 500 ml air 30 menit sebelum makan utama dapat bermanfaat dalam menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif. Ini karena separuh waktu kita merasa lapar padahal sebenarnya kita haus. Jadi, minum sebelum makan akan mencegah Anda makan berlebihan.

5. Cara meningkatkan asupan air
Buah dan jus juga mengandung air dan bisa menjadi cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jika Anda kesulitan minum air putih, cobalah infus air atau buah-buahan yang mengandung banyak air seperti nanas, mentimun, semangka.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)