Makan Sembarangan Saat Sahur dan Berbuka Pengaruhi Suasana Hati

Senin, 04 Mei 2020 - 11:21 WIB
loading...
A A A
"Ini membuat Anda terhidrasi dan juga melepaskan gula secara perlahan, menjadikan tubuh Anda cadangan energi, sehingga merasa berenergi sepanjang hari," sarannya.

Lebih lanjut, Dr Alam merekomendasikan buah-buahan, granola, gandum, sereal Weetabix dengan susu dan air kelapa untuk dikonsumsi saat sahur. Selain itu, saat iftar akhiri puasa dengan kurma dan air karena memberikan gula dan nutrisi penting. Selanjutnya, makan makanan kaya protein seperti sup lentil bening yang bisa memberikan energi dan hidrasi.

Di sisi lain, 65% hingga 70% makanan yang dikonsumsi saat puasa idealnya harus berupa karbohidrat padat, 20% protein dan 10% makanan yang Anda inginkan. Jadi, jika benar-benar ingin mengonsumsi makanan manis atau memilih makanan yang digoreng, Dr Alam menekankan untuk mengonsumsi secekupnya.

"Orang yang menjalankan puasa tanpa memperhatikan nutrisi mereka menderita migrain, keasaman, dehidrasi, dan perubahan suasana hati," imbuh Mitun De Sarkar, konsultan ahli gizi di Dubai.

Sarkar menambahkan mungkin ada beberapa alasan untuk kondisi ini. Salah satunya banyak orang tidak bisa bangun untuk sahur dan makan makanan bergizi yang akan menopang selama menjalankan puasa panjang. Di iftar, orang bisa membuat pilihan makanan yang salah seperti makan makanan pedas, berminyak, gorengan, makanan manis yang menyebabkan gangguan pencernaan dan keasaman.

"Orang-orang yang terbiasa minum teh, kopi, dan minuman lain mulai mendapatkan gejala selama puasa, menyebabkan lekas marah, kebingungan dan kemarahan. Semua masalah ini perlu diatasi dengan memilih makanan yang tepat pada waktu yang tepat," tutup Sarkar.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)