Nikmatnya Mi Baso Ayam Jamur Legendaris di Kota Hujan

Kamis, 17 September 2020 - 19:57 WIB
loading...
Nikmatnya Mi Baso Ayam Jamur Legendaris di Kota Hujan
Mi baso ayam jamur menjadi salah satu sajian legendaris di Bogor. Foto/SINDOMedia/Dyah Ayu Pamela
A A A
BOGOR - Bernostalgia bisa dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya menjelajahi kuliner legendaris dari restoran yang sudah ada sejak beberapa dekade dan masih memiliki penggemar setia.

Nah, kalau Anda sedang berada di Kota Bogor, tempat makan satu ini harus didatangi karena termasuk legendaris dan sudah bertahan lebih dari 50 tahun. ( )

Plang berwarna kuning bertuliskan Mi Baso Ayam Jamur Gaya Tunggal terpampang begitu jelas dan mengusik rasa penasaran saat melewati Jalan Ir. H. Djuanda.

Nikmatnya Mi Baso Ayam Jamur Legendaris di Kota Hujan


Beragam menu yang ada di sini ternyata juga menggiurkan. Jika Anda bertanya rekomendasinya pada sang pemilik Tji Tjah Adisugata, ia akan menjawab mi baso ayam jamur dan nasi tim ayam. Dua menu tersebut merupakan ciri khas restoran ini sejak dibuka pada 1965. Kala itu Tji Tjah masih berjualan di Pasar Anyar Bogor, lalu pindah ke lokasi yang sekarang dan bahkan sudah membuka beberapa cabang lain.

Mi baso ayam jamur memang spesial rasanya. Menurut Tji Tjah, mi dibuat setiap hari sehingga fresh saat dinikmati pelanggan. Selain itu basonya juga dibuat dari daging asli dan homemade tanpa pengawet. Inilah yang membuat tekstur mi maupun baso terasa berbeda. Untuk ayamnya, tidak berbumbu kuning ataupun kecap tapi tetap gurih dan berkaldu.

“Mi kita nggak bisa lama-lama karena tanpa pengawet. Baso juga asli, tidak ada kenyal baso yang seperti di pasaran. Itu yang membedakan,” ujar Tji Tjah.

Karena sudah menjadi menu favorit pelanggan sejak dulu, tak jarang restoran masih kerap didatangi pelanggan lama yang ingin dibuatkan stok mi baso ayam jamur untuk dibawa sampai ke luar negeri karena kangen dengan rasanya. Namun, Tji Tjah mengaku, tidak bisa melakukannya sebab baik mi maupun baso tak mampu bertahan lama. Khawatir pelanggan nanti kecewa. Kalau dibawa lama rasanya menjadi tidak sama.

Selain dua menu tadi, pilihan lainnya terbilang sangat variatif. Kalau sedang tidak ingin mi, maka bihun baso pangsit ayam jamur bisa menjadi alternatif pilihan. Seperti restoran Chinese lain, di sini juga ada menu kwetiaw siram yang enak. Kwetiaw yang memakai kaldu sapi terasa gurih dan memiliki kuah kental penuh cita rasa. Ada aroma bakarannya juga yang berasal dari wok (alat masak).

Nikmatnya Mi Baso Ayam Jamur Legendaris di Kota Hujan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)