Bakti Sosial Djarum Foundation Kembali Salurkan Donasi APD

Senin, 04 Mei 2020 - 18:40 WIB
loading...
Bakti Sosial Djarum Foundation Kembali Salurkan Donasi APD
Bakti Sosial Djarum Foundation kembali memberikan donasi berupa APD ke sejumlah rumah sakit di Jawa Timur. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Guna memberikan penanganan maksimal terhadap pasien virus corona atau Covid-19, Bakti Sosial Djarum Foundation kembali memberikan donasi berupa alat perlindungan diri (APD) ke sejumlah rumah sakit.

Bantuan tersebut berupa baju coverall sebanyak total 300 pcs yang dikirimkan ke tiga rumah sakit di Jawa Timur yakni RS Baladhika Husada di Jember, RSUD Dr Soebandi (Jember), dan RSUD Waluyo Jati Kraksaan (Probolinggo).

Program Associate Bakti Sosial Djarum Foundation, Legowo Kadri menuturkan, pemberian bantuan ini merupakan langkah nyata dari Djarum Foundation dalam upaya membantu memutus mata rantai penyebaran dan juga penanganan Covid-19 di Indonesia. Diharapkan, dengan bantuan tersebut membuat para tenaga medis bisa merasa terlindungi ketika menangani para pasien.

"APD merupakan kebutuhan utama bagi tenaga medis sebagai garda terdepan yang menangani para pasien Covid-19. Dengan bantuan ini semoga para tenaga medis dapat bekerja optimal dalam menyembuhkan dan juga memutus rantai penyebaran virus corona di Indonesia," ujar Legowo dalam keterangan resminya, Senin (4/5).

Sementara itu, Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Rudy Djauhari menambahkan, bantuan yang diberikan ke sejumlah rumah sakit di Jawa Timur ini merupakan kelanjutan dari program donasi yang dijalankan Bakti Sosial Djarum Foundation dalam penanganan Covid-19.

Bakti Sosial Djarum Foundation sebelumnya sudah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kudus mendistribusikan perlengkapan APD ke sejumlah rumah sakit di antaranya RS Aisyah, RS Sunan Kudus dan RSUD Loekmono Hadi.

"Kami juga bekerjasama dengan Ikatan Alumni Universitas Diponegoro menyerahkan bantuan ke RSUP Dr Kariadi Semarang, RS Nasional Diponegoro dan RS Elizabeth Semarang. Selain itu, bantuan juga turut diberikan ke sejumlah rumah sakit yang berada di DKI Jakarta," terang Rudy.

Total saat ini sebanyak 2.000 baju coverall dan 22 ribu kelengkapan APD lainnya yang meliputi kacamata goggle, dental protective face, masker N95, masker bedah, sepatu boot, sarung tangan, penutup kepala, vitamin C dan virus transportation media (VTM) telah disumbangkan Djarum Foundation selama pandemi ini.

"Yang saat ini sangat dibutuhkan adalah baju coverall, masker dan vitamin bagi para tenaga medis. Mereka harus menjadi prioritas. Mereka ini mempunyai tanggung jawab besar terhadap para pasien namun harus menjaga agar terhindar dari transmisi virus itu sendiri. Dokter dan perawat juga harus mendapatkan alat kesehatan yang memadai," papar Rudy Djauhari.

Direktur Medis & keperawatan RS Mardi Rahayu, dr. Yuniarti Bodro Murwati mengungkapkan, kebutuhan APD bagi tenaga medis merupakan hal yang mendesak mengingat jumlah penderita Covid-19 di Indonesia yang semakin bertambah setiap harinya. "Untuk itu, diperlukan APD berkualitas tinggi demi menghindari kemungkinan tenaga medis yang terpapar virus ini," ucap dr Yuniarti.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)