Trik Mengolah Ikan yang Menyehatkan dan Tak Mengurangi Kelezatannya

loading...
Trik Mengolah Ikan yang Menyehatkan dan Tak Mengurangi Kelezatannya
Tidak semua orang bisa memasak ikan. Alih-alih menggoreng atau mengukus, rasa ikan terkadang terasa hambar atau teksturnya hancur. Jangan khawatir, ini cara mengatasinya. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Memilih ikan untuk hidangan utama merupakan pilihan tepat. Namun, tidak semua orang bisa memasak ikan. Alih-alih menggoreng atau mengukus, rasa ikan terkadang terasa hambaratau teksturnya hancur.

Pada dasarnya, untuk memasak ikan bisa dimulai dengan cara memilih fillet ikan. Kemudian, masak ikan dengan cara membatasi natrium, lemak, dan kalori sambil tetap menawarkan rasa yang Anda inginkan. Dilansir dari Live Strong, berikut tips mudah memasak ikan tanpa menghilangkan rasa dan menyehatkan.

1. Mengukus
Mengukus menawarkan dua manfaat untuk memasak ikan yakni tidak mengeringkan daging, dan tidak membutuhkan tambahan lemak. Yang Anda butuhkan hanyalah peralatan yang menahan ikan sambil membiarkannya dikukus. Salah satu pilihan adalah keranjang kukusan, yang diletakkan di atas sepanci air mendidih, atau kukusan bambu Cina. (Baca juga: Coba Yuk! Resep Odading Empuk, Lembut, dan Antigagal)

Metode memasak ini tidak cocok untuk pengasinan karena garam akan menetes saat dikukus. Selain itu, selain menggunakan microwave, metode memasak ini mempertahankan sebagian besar nutrisi. Fillet ikan setebal 1 inci dapat memakan waktu antara enam hingga 15 menit untuk dikukus, tergantung pada varietas yang Anda pilih.



2. Poaching
Poaching yang mengacu pada memasak ikan dalam cairan mendidih, paling efektif dengan fillet ikan keras seperti halibut Pasifik, tuna sirip kuning, dan trout danau. Semakin sehat cairan yang Anda pilih, semakin sehat hasil akhirnya.

Adapun pilihan cairan tersebut mencakup kaldu ikan dan air yang dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah. Untuk memasak, didihkan cairan, jangan sampai mendidih. Rebus ikan sampai bagian tengahnya berubah warna lalu keluarkan dari wajan dengan spatula berlubang.

3. Broiling
Karena minyak alaminya mencegah pengeringan, salmon adalah pilihan utama untuk broiling, metode memasak yang membuat ikan terpapar panas langsung di oven. Metode memasak kering ini tidak membutuhkan minyak. Pilihan ikan kaya minyak lainnya termasuk tuna, bass laut, dan mackerel. (Baca juga: Resep Black and Pink Pancake yang Empuk dan Kenyal)



Potongan ikan yang lebih ramping harus diasinkan sebelum broiling. Sepotong ikan berukuran setengah inci akan membutuhkan waktu sekitar enam menit untuk dimasak, dan sembilan hingga 12 menit untuk ikan sedang atau matang.

4. Panggang
Memanggang adalah metode memasak dengan panas langsung lainnya, tetapi panasnya berasal dari bawah dibandingkan broiling dari atas. Untuk memasak ikan langsung di atas panggangan, olesi sedikit fillet dengan minyak zaitun extra virgin agar tidak lengket. Untuk ikan dengan rasa berasap, panggang di atas papan kayu cedar, maple atau hickory selama kurang lebih 20 menit.

5. Bakar
Mungkin metode paling sederhana untuk memasak ikan adalah dengan membakar. Bumbui ikan dengan bumbu dan rempah-rempah atau irisan lemon atau jeruk nipis dan susun fillet di atas loyang yang dilapisi kertas roti. Bakar ikan selama tujuh hingga 10 menit per inci ketebalannya.
(tdy)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top