Apel vs Jeruk: Mana yang Lebih Aman untuk Gula Darah?

Senin, 20 April 2026 - 11:48 WIB
loading...
Apel vs Jeruk: Mana...
Apel atau jeruk, mana yang aman untuk gula darah? Foto: Health
A A A
JAKARTA - Apel dan jeruk adalah buah yang sering dikonsumsi sehari-hari. Namun, masih banyak orang yang belum menyadari bagaimana kedua buah ini memengaruhi gula darah.

Keduanya sama-sama sehat dan dapat memengaruhi kadar gula darah, tergantung pada kandungan nutrisi serta cara mengonsumsinya. Apel dan jeruk mengandung karbohidrat serta gula alami yang berpotensi meningkatkan gula darah.

Namun, tubuh tidak hanya merespons gula. Protein, lemak, dan serat juga berperan penting dalam memperlambat penyerapan gula. Satu buah apel ukuran sedang mengandung sekitar 25 gram karbohidrat, termasuk 4,5 gram serat. Serat pada kulit apel membantu memperlambat penyerapan gula, sehingga lonjakan gula darah cenderung lebih stabil.

Baca Juga : 4 Buah Penurun Kadar Gula Darah dengan Cepat, Nomor 3 Dikonsumsi Sebelum Makan Nasi

Sementara itu, jeruk mengandung sekitar 21 gram karbohidrat dengan jumlah serat yang hampir sama. Meski tidak berdampak besar secara langsung terhadap gula darah, nutrisi dalam jeruk dapat membantu meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin dalam jangka panjang.

Karena keduanya berpengaruh pada gula darah, para ahli mengingatkan bahwa cara mengonsumsinya juga sangat penting. Mengonsumsi buah bersama protein atau lemak sehat, seperti kacang atau yogurt, dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.

Selain itu, apel dan jeruk sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk utuh. Jika dijadikan jus, kandungan seratnya berkurang sehingga gula lebih cepat diserap tubuh dan dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang lebih cepat dibandingkan buah segar.
(wur)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
5 Buah Terbaik untuk...
5 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil: Kaya Nutrisi, Baik untuk Kesehatan Ibu dan Janin
5 Tips Mencegah Gula...
5 Tips Mencegah Gula Darah Melonjak usai Lebaran
Begini Cara Mencegah...
Begini Cara Mencegah Gula Darah Turun Drastis saat Puasa
5 Makanan Ini Rawan...
5 Makanan Ini Rawan Terpapar Mikroplastik, Sering Dikonsumsi Sehari-hari
8 Buah Rendah Gula yang...
8 Buah Rendah Gula yang Cocok untuk Diet
Kebiasaan Sederhana...
Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Ampuh Turunkan Gula Darah dalam Sekejap
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Waspada! 4 Makanan Ini...
Waspada! 4 Makanan Ini Bisa Picu Kesemutan di Tangan dan Kaki
Rekomendasi
Implementasi PP TUNAS...
Implementasi PP TUNAS Harus Bisa Jaga Daya Saing Generasi Muda di Ekonomi Digital
Presiden Prabowo Terima...
Presiden Prabowo Terima 8 Duta Besar Negara Sahabat di Istana Merdeka
Merger BUMN Karya Mundur...
Merger BUMN Karya Mundur ke Kuartal IV-2026, BP BUMN Ungkap Alasannya
Berita Terkini
Dari Iran ke Indonesia,...
Dari Iran ke Indonesia, Pesepeda Arezoo Tampil Memukau Lewat Sentuhan Ade Fitri Kirana
Nonton Gratis hingga...
Nonton Gratis hingga VIP, Ini Beragam Cara Menikmati Microdrama di V+Short
Ruben Onsu Tak Lagi...
Ruben Onsu Tak Lagi Harapkan Permintaan Maaf Sarwendah, Hanya Ingin Bertemu Anak
Liburan Mewah Tanpa...
Liburan Mewah Tanpa Menguras Anggaran: Hotel Bintang 4 dan 5 Mulai Rp300.000
Potret Alyssa Daguise...
Potret Alyssa Daguise dan Baby Soleil Jadi Sorotan, Perhiasan yang Dipakai Tembus Rp1,2 Miliar
Pembuktian Irish Bella...
Pembuktian Irish Bella jadi Produser di Film Horor Dosa, Tayang 11 Juni
Infografis
Sandera Israel yang...
Sandera Israel yang Dibebaskan Hamas Kesehatannya Jauh Lebih Baik
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved