Studi: Tenis Olahraga Paling Sempurna, Bisa Menambah Panjang Umur

Senin, 21 September 2020 - 11:59 WIB
loading...
Studi: Tenis Olahraga Paling Sempurna, Bisa Menambah Panjang Umur
Olahraga tenis dan voli dikaitkan dengan masa hidup yang lebih lama.Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan Harvard. Foto/CNN Intenational.
A A A
JAKARTA - Olahraga tenis dan voli dikaitkan dengan masa hidup yang lebih lama, bersama dengan peningkatan kekuatan kardiovaskular, inti, lengan dan kaki. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan Harvard, yang mengurai manfaat bermain tenis.

Olahraga tenis melibatkan banyak energy, ditambah dengan waktu istirahat. Kombinasi penggunaan energi yang besar dan waktu istirahat ini dikenal dengan High Intensity Interval Training (HIIT).

Nah, jenis olaharaga ini meningkatkan kesehatan kardiovaskular karena melibatkan kelompok otot inti, otot tubuh bagian atas dan bawah. (Baca juga: 4 Jenis Olahraga yang Efektif Turunkan Kadar Kolesterol )

Selain kesehatan kardiovaskular, sebuah studi juga mengungkapkan beragam manfaat lain dari olahraga tenis. Menurut studi yang dilakukan Department of Health and Human Services di Victoria, tenis dapat memperbaiki kapasitas aerobik, menurunkan denyut jantung istirahat serta tekanan darah, serta meningkatkan fungsi metabolik.

Namun, kesehatan kardiovaskular bukanlah satu-satunya manfaat yang diperoleh dari olahraga dengan interval intensitas tinggi ini. Sebuah studi oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan di Victoria, Australia menguraikan keuntungan dan kelebihan dari olahraga voli, seperti menurunkan detak jantung istirahat dan tekanan darah, meningkatkan fungsi metabolism, meningkatkan kepadatan tulang, menurunkan lemak tubuh, dan refleks yang lebih cepat.

Terapis fisik Harvard dan mantan pemain tenis, Joe DiVincenzo, seperti dilansir The Ladders, mengatakan bahwa bermain tenis merupakan olahraga yang luar biasa. “Bermain tenis adalah olahraga yang luar biasa. Dan tidak peduli seberapa baik Anda, Anda bisa bersenang-senang melakukannya," kata Joe DiVincezo.

Selain itu, tenis juga merupakan jenis olahraga yang bisa dilakukan bersama dengan orang lain sambil tetap menjaga jarak. Olahraga ini juga tak membutuhkan biaya mahal dan bisa dilakukan berbagai kalangan, termasuk orang-orang yang sudah berumur.

Tapi, bukan saja tenis, beberapa olahraga yang menggunakan raket, seperti bulu tangkis, tenis meja, dan pickleball juga dapat menjadi pilihan. (Baca juga: Balenciaga Rilis Koleksi Kapsul untuk Dukung Penelitian Kanker Payudara )

Apa itu pickleball? Ternyata, pickleball adalah olahraga dengan pertumbuhan tercepat di antara generasi milenial yang lebih tua, yang disebut orang-orang yang masih anak-anak hingga usia tiga puluhan dan orang dewasa yang lebih tua.

“Olahraga hybrid ini merupakan perpaduan antara tenis, tenis meja, dan bulu tangkis. Alatnya sedikit lebih besar daripada yang digunakan untuk bermain tenis meja, dan bola plastik pickleball bergerak sekitar sepertiga kecepatan bola tenis, membuatnya lebih mudah untuk dilihat dan dipukul. Permainan ini dimainkan di dalam dan di luar ruangan, di lapangan kecil,” beber Joe DiVincezo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)