4 Fakta Pneumonia pada Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui

Jum'at, 25 September 2020 - 09:30 WIB
loading...
4 Fakta Pneumonia pada Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui
Jika orang tua belum memahami apa itu pneumonia serta pencegahannya, orang tua tanpa sengaja dapat menyalahartikan gejala pneumonia sebagai gejala flu biasa. / Foto: ilustrasi/Imperial College London
A A A
JAKARTA - Pneumonia merupakan penyebab kematian terbesar kedua pada balita di Indonesia. Namun, jika orang tua belum memahami apa itu pneumonia serta pencegahannya, orang tua tanpa sengaja dapat menyalahartikan gejala pneumonia sebagai gejala flu biasa, sehingga anak tidak mendapatkan perawatan yang seharusnya.

(Baca juga: Susu Tak Hanya Nikmat dengan Rasa Manis, juga Asin dan Pedas )

Padahal, tanpa perawatan yang tepat, pneumonia dapat mengakibatkan komplikasi seperti kesulitan bernafas, infeksi aliran darah, penumpukan cairan atau nanah di dalam atau di sekitar paru hingga kematian.

Berikut empat fakta penting tentang pneumonia agar si kecil dapat terlindung dari penyakit berbahaya ini berdasarkan keterangan resmi yang diterima SINDOnews , Jumat (25/9).

1. Pneumonia menjadi penyebab kematian terbesar kedua pada balita di Indonesia

Berdasarkan data yang dihimpun UNICEF , lebih dari 19.000 anak balita di Indonesia meninggal akibat pneumonia pada tahun 2018. Artinya, lebih dari dua anak di Indonesia setiap jamnya meninggal karena pneumonia.

2. Gejala Pneumonia dapat menyerupai gejala flu

Gejala awal dari pneumonia meliputi sesak napas, nyeri dada, demam, batuk, dan kehilangan nafsu makan, yang mudah disalahartikan sebagai gejala flu biasa. Orang tua sebaiknya jangan menunggu sampai anak terkulai lemas untuk memastikan bahwa anak sedang sakit. Ketika ritme napas anak menjadi cepat, dan anak tampak tidak nyaman ketika bernapas, orangtua sudah harus sigap membawa si kecil ke dokter.

3. Pneumonia dapat menular lewat berbagai agen dan medium

Pneumonia dapat disebabkan oleh berbagai agen, mulai dari bakteri, virus, hingga jamur. Salah satu penyebab pneumonia yang paling umum adalah infeksi dari bakteri streptococcus pneumoniae (pneumokokus). Agen tersebut dapat berpindah melalui udara (ketika batuk atau bersin), melalui darah termasuk dari persalinan, atau dari permukaan yang terkontaminasi.

4. Gunakan AKAL Sehat untuk mencegah kematian akibat pneumonia

Walaupun pneumonia terdengar mengerikan, orang tua dapat melindungi sang buah hati dengan menjalankan empat langkah sederhana AKAL Sehat untuk mencegah pneumonia, yakni Awasi bahaya pneumonia, Kenali penyebab dan gejalanya, Ayo imunisasi PCV untuk mencegah, Lakukan pada usia 2, 4, 6, dan 12-15 bulan untuk menjaga anak tetap sehat.

(Baca juga: Asah Kemampuan Deduksi Anda lewat Lima Tayangan Bergenre Misteri Ini )

Adapun cara paling efektif untuk melindungi anak-anak dari pneumonia adalah melalui imunisasi, meliputi imunisasi terhadap kuman Hib, pneumokokus, campak dan pertusis. Pneumonia yang disebabkan bakteri pneumokokus dapat dicegah dengan imunisasi pneumococcal conjugate vaccine (PCV). Seperti tercantum dalam langkah AKAL Sehat, imunisasi PCV perlu dilakukan pada usia anak 2, 4, dan 6 bulan, dengan booster pada usia 12-15 bulan. Namun, jika anak sudah melewati usia 6 bulan dan belum menerima imunisasi PCV, maka pemberian imunisasi PCV dapat dilakukan sebagai berikut :

-Usia 7-12 bulan: Imunisasi PCV dilakukan sebanyak 2 kali dengan jarak paling sedikit 1 bulan, dengan ditambah 1 dosis booster di usia 12 - 15 bulan.

-Usia 1-2 tahun: Imunisasi PCV dilakukan sebanyak 2 kali dengan jarak minimal 2 bulan.

-Usia di atas 2 tahun: Imunisasi PCV hanya dilakukan 1 kali.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)