Mengenal Penyakit Serangan Jantung Seperti yang Dialami Didi Kempot

Selasa, 05 Mei 2020 - 11:22 WIB
loading...
Mengenal Penyakit Serangan Jantung Seperti yang Dialami Didi Kempot
Penyanyi Didi Kempot diduga meninggal dunia akibat serangan jantung di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo, Selasa (5/5/2020) pukul 07,45 WIB. Foto/Instagram.
A A A
JAKARTA - Penyanyi Didi Kempot diduga meninggal dunia akibat serangan jantung di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo, Selasa (5/5/2020) pukul 07,45 WIB. Didi menghembuskan napas terakhirnya di usia 53 tahun.

Serangan jantung seperti yang dialami penyanyi dengan julukan Godfather of Broken Heart itu bisa terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat. Penyumbatan ini paling sering merupakan penumpukan lemak, kolesterol dan zat-zat lain, yang membentuk plak di arteri yang memberi makan jantung (arteri koroner).

Dilansir Mayo Clinic, seiring waktu, arteri koroner dapat menyempit dari penumpukan berbagai zat, termasuk kolesterol (atherosclerosis). Kondisi ini, yang dikenal sebagai penyakit arteri koroner, menyebabkan sebagian besar serangan jantung.

Selama serangan jantung, salah satu plak ini dapat pecah dan menumpahkan kolesterol serta zat lain ke dalam aliran darah. Gumpalan darah terbentuk di lokasi pecah. Jika cukup besar, bekuan dapat menghalangi aliran darah melalui arteri koroner, membuat otot jantung kekurangan oksigen dan nutrisi (iskemia).

Seseorang mungkin memiliki penyumbatan lengkap atau sebagian. Penyumbatan lengkap berarti mengalami infark miokard elevasi ST (STEMI). Penyumbatan parsial di mana mengalami infark miokard elevasi non-ST (NSTEMI). Langkah-langkah dan perawatan diagnostik mungkin berbeda tergantung gejala yang Anda miliki.

Adapun penyebab lain serangan jantung adalah kejang arteri koroner yang menutup aliran darah ke bagian otot jantung. Menggunakan tembakau dan obat-obatan terlarang, seperti kokain, dapat menyebabkan kejang yang mengancam jiwa.

Serangan jantung, juga disebut infark miokard, bisa berakibat fatal, tetapi pengobatan penyakit ini telah meningkat selama bertahun-tahun. Sangat penting untuk menghubungi bantuan medis darurat jika seseorang mengalami serangan jantung.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2111 seconds (0.1#10.140)