Tidak seperti Pakaian Lain, Jeans Jangan Terlalu Sering Dicuci

loading...
Tidak seperti Pakaian Lain, Jeans Jangan Terlalu Sering Dicuci
Apabila mengenakan jeans untuk hari-hari aktif, tentu saja perlu dicuci lebih sering untuk menjaganya tetap bersih. / Foto: ilustrasi/ist
A+ A-
JAKARTA - Adabanyak pembicaraanyang beragam dalam hal mencuci denim atau jeans. Beberapa ahli mengatakan jeans tidak boleh dicuci sama sekali, tetapi hal ini tampak sangat tidak praktis dan sangat kotor. Ahli lainnya mengatakan jika tidak ada masalah untuk mencuci jeans saat Anda perlu.

(Baca juga: 9 Trik Memanipulasi Wajah Lelah dengan Makeup)

Dengan begitu banyak saran yang beragam, ini dapat membingungkan banyak orang. Tim produk Lee Jeans mengatakan, sebagai aturan umum, semakin sedikit Anda mencuci jeans yang diwarnai, semakin baik. Terlalu sering mencuci jeans dapat menyebabkannya memudar sebelum waktunya.

Spesialis produk pembersih Dr Beckmann, Susan Fermor menekankan bahwa jeans perlu diperlakukan berbeda dari pakaian sehari-hari. "Tidak seperti pakaian lain, jeans Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu di mesin cuci. Sering mencuci jeans Anda dapat mengubah kesesuaian dan warnanya," ujar Fermor seperti dikutip Metro, Jumat (25/9).



"Disarankan untuk mencucinya dengan air dingin sebulan sekali, memastikannya tetap bersih dan segar," lanjutnya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa mencuci bersih mungkin tidak selalu diperlukan. Direktur pembelian di Kit & Kaboodal, Helen Marsden mengungkapkan, jika mengenakan jeans untuk hari-hari aktif, tentu saja perlu dicuci lebih sering untuk menjaganya tetap bersih.

"Namun, jika dikenakan selama berhari-hari dengan tingkat aktivitas yang sangat rendah maka dapat memakainya lebih lama dan menggunakan kain lembab untuk menyeka noda kecil yang muncul di antara pencucian, dan membiarkannya mengering," ungkap Marsden.



Momen pencucian yang benar pun diperlukan, tim Lee Jeans menyarankan untuk selalu mengikuti petunjuk perawatan pada label pakaian dan mencucinya secara terpisah dari produk lain. Guna mencegah penyusutan atau pemudaran, pilihlah pencucian yang lembut, gunakan air dingin dan deterjen pengawet warna lembut, terutama untuk pakaian gelap jika jeans berwarna biru atau hitam.

"Juga balikkan jeans ke dalam. Ini melindungi serat di bagian luar jeans dari gesekan dan paparan langsung dari deterjen, yang membantu mencegah pudar," saran tim Lee Jeans.

(Baca juga: Aktivitas Seksual Sangat Bermanfaat buat yang Pernah Alami Serangan Jantung)

Fermor juga menekankan bahwa pencucian jeans harus selalu dalam siklus 30°C. Ini karena suhu yang lebih panas dapat mempercepat proses pemudaran. "Cuci jeans Anda pada suhu dingin untuk memastikan denim mempertahankan bentuk dan rasanya. Menempatkannya pada pencucian 30C atau lebih rendah adalah pengaturan yang ideal. Jika sangat kotor, bersihkan dengan kain dingin terlebih dahulu untuk mengurangi residu," tutup Fermor.
(nug)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top