Bosan dengan Olahan Ikan? Anda Bisa Bikin Otak-otak Merah

Selasa, 29 September 2020 - 16:33 WIB
loading...
Bosan dengan Olahan Ikan? Anda Bisa Bikin Otak-otak Merah
Ikan baik untuk kesehatan, juga pilihan yang baik dari sumber protein hewani lainnya. Tapi, jika bosan dengan olahan ikan yang itu-itu saja, Anda bisa buat Otak-otak Merah. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Ikan baik untuk kesehatan tubuh. Ikan juga pilihan yang lebih baik daripada sumber protein hewani lainnya seperti daging sapi dan unggas. Itu karena ikan lebih tinggi lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung.

Oleh karena itu, penting untuk memasukan ikan kedalam menu diet harian. Namun, Anda yang bosan dengan olahan ikan yang itu-itu saja, dapat berkreasi dengan membuat masakan berbahan dasar ikan lainnya seperti otak-otak merah .

Agar semakin nikmat, tambahkan cuko merah pedas. Otak-otak bumbu merah bisa dibikin sendiri di rumah. Berikut resep membuat Otak-otak bumbu merah dikutip Endeustv. (Baca juga: Dai Muda RCTI+: Jangan Takut Kehilangan Harta, Sedekah Kunci Rezeki Berkah dan Berlimpah )

Bahan-bahan:
500 g fillet ikan tenggiri, haluskan
300 ml santan kental
2 butir putih telur
2 sdt gula pasir
10 butir bawang merah, cincang kasar
150 g tepung tapioka
Daun pisang untuk membungkus
lidi untuk menyemat

Bumbu, haluskan:
5 siung bawang putih
7 buah cabai merah keriting
1½ sdt garam
50 ml air

Cuko merah:
150 ml air
8 buah cabai merah keriting
10 buah cabai rawit merah
6 siung bawang putih
1½ sdm tauco
2 sdt air jeruk lemon cui
½ sdt garam
1 sdm gula pasir

Cara membuat:
Dalam mangkuk, campur ikan tenggiri, santan kental, putih telur, gula pasir, dan bumbu halus. Aduk rata. Tambahkan tepung tapioka dan bawang merah, aduk rata. (Baca juga: Makanan Sehat Ini Baik untuk Anak Selama Pandemi Covid-19 )

Ambil selembar daun pisang, tuang 2 sdm adonan ikan, gulung daun dan sematkan ujungnya dengan lidi. Panggang otak-otak di atas api, balikkan hingga kedua sisinya matang, angkat.

Cuko merah, dalam panci, rebus cabai, dan bawang putih hingga matang. Angkat. Haluskan dengan blender bersama tauco, air jeruk lemon cui, garam, dan gula. Sajikan otak-otak dengan cuko merah.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)