Tiga Selebritas Ini Siap Jalankan Tugas sebagai Duta Gizi

Senin, 13 April 2020 - 04:29 WIB
loading...
Tiga Selebritas Ini Siap Jalankan Tugas sebagai Duta Gizi
Penyanyi dangdut kenamaan, Ikke Nurjanah dipilih sebagai Duta Gizi Seimbang oleh Pergizi Pangan.
A A A
JAKARTA - Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia telah menunjuk tiga selebritas Tanah Air sebagai duta mereka. Perkenalan terhadap tiga duta itu dilakukan ketika Pergizi Pangan Indonesia melakukan launching Pergizi dan pengukuhan secara online, beberapa waktu lalu.

Penyanyi dangdut kenamaan, Ikke Nurjanah dipilih sebagai Duta Gizi Seimbang; kemudian aktor Teuku Zacky ditunjuk menjadi Duta Gizi Cegah Stunting. Terakhir atau yang ketiga, dokter cantik yang pernah menjadi Puteri Lingkungandan Puteri Indonesia 2010, dr Reisa Broto Asmoro sebagai Duta Gizi Gaya Hidup Sehat.

Ketua Umum Pergizi Pangan, Prof Dr Hardinsyah MS mengatakan bahwa pihaknya berharap melalui ketiga duta tersebut kesadaran masyarakat mengenai pentingnya gizi akan terbangun. "Gizi itu tidak perlu mahal, yang penting kita tahu bahan-bahannya dan bagaimana cara mengolahnya, untuk menjadi makanan yang lezat dan sehat," ungkapnya.

Tiga Selebritas Ini Siap Jalankan Tugas sebagai Duta Gizi


Masing-masing duta terpilih nantinya akan menjalani tugas yang berbeda-beda. Ikke Nurjanah akan melakukan sosialisasi melalui lagu tentang gizi berirama dangdut yang dibawakannya, Teuku Zaki bertugas untuk mencegah dan mengedukasi tentang stunting, dan Reiza Broto Asmoro ke bidang gaya hidup sehat.

Mendapatkan amanah sebagai Duta Gizi, Ikke Nurjanah merasa sangat bangga dan tersanjung. Dengan mengemban tugas tersebut, maka Ikke bisa ikut berpartisipasi untuk memperbaiki gizi masyarakat, meski hanya melalui lagu yang dinyanyikannya. "Saya sangat bangga berada di forum ini, karena saya bisa ikut berpartisipasi dalam program yang sangat berguna bagi masyarakat," ujarnya.

"Walaupun keahlian saya hanya menyanyi, tetapi lirik lagu yang saya nyanyikan mengandung edukasi yang sangat penting bagi masyarakat, untuk menjalani gaya hidup bersih dan sehat, serta mengkonsumsi makanan-makan bergizi," lanjutnya.

Tiga Selebritas Ini Siap Jalankan Tugas sebagai Duta Gizi


Pada saat yang sama, ditunjuk sebagai Duta Gizi Cegah Stunting, Teuku Zaki akan berupaya maksimal menjalankan tugasnya, lewat kemampuannya dan media yang dimilikinya. Teuku Zaki pun memaparkan bahwa Indonesia merupakan negara kelima terbesar yang memiliki penduduk bertubuh stunting di dunia.

Melalui peningkatan gizi masyarakat, aktor 37 tahun itu berharap secara bertahap jumlah penderita stunting atau tubuh pendek akan terus menurun. "Saya akan terus mengeduksi masyarakat. Salah satunya melalui program memasak di rumah," ujarnya dengan penuh keyakinan.

Sementara itu, ajang launching dan pengukuhan online yang dilakukan Pergizi Pangan diikuti para pengurus, 150 relawan gizi dari seluruh Indonesia, juga diikuti oleh beberapa pejabat dari Kementerian Kesehatan, Staf Khusus Presiden, Kepala Daerah dan beberapa isteri Kepala Daerah.

Tiga Selebritas Ini Siap Jalankan Tugas sebagai Duta Gizi


Mereka semua menyambut baik hadirnya Layanan Edukasi dan Konsultasi Online Pangan Aman Bergizi dan Hidup Bugar (Leka Bergizi Bugar) yang dicanangkan Pergizi Pangan Indonesia. Dijalani secara online, terutama lewat website, aplikasi WhatsApp, dan telepon, Leka Bergizi Bugar sejalan dengan prinsip physical distancing di era 4.0, sehingga bisa memberikan layanan yang lebih luas ke semua daerah di Indonesia sepanjang akses internet masih ada.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0925 seconds (0.1#10.140)