Waspada! Obesitas seperti Donald Trump Berisiko Tinggi Covid-19

Kamis, 08 Oktober 2020 - 08:38 WIB
loading...
Waspada! Obesitas seperti Donald Trump Berisiko Tinggi Covid-19
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump berada dalam kelompok berisiko tinggi karena usianya 74 tahun dan berat badannya.
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memiliki beberapa faktor risiko untuk gejala Covid-19 yang lebih parah. Trump berada dalam kelompok berisiko tinggi karena usianya 74 tahun dan berat badannya. Trump secara klinis mengalami obesitas , dan obesitas merupakan faktor risiko untuk bentuk penyakit yang lebih parah.

(Baca juga: Makan Berbagai Buah dan Sayur Berwarna Bisa Cegah Kanker Tenggorokan )

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), orang-orang dalam rentang usia 65-74 tahun menghadapi risiko lima kali lebih besar untuk dirawat di rumah sakit dan risiko kematian akibat Covid-19 90 kali lebih besar dibandingkan dengan orang dewasa muda antara usia 18-29 tahun.

Berdasarkan fisiknya pada April, CNN melaporkan bahwa Trump memiliki berat 244 pound dan tinggi 6 kaki 3 inci. Itu memberinya indeks massa tubuh 30,5 dan secara teknis mengalami obesitas . Menurut CDC, obesitas melipatgandakan risiko rawat inap akibat Covid-19.

Seperti dilansir CNN, Rabu (7/10), Trump juga laki-laki, dan laki-laki lebih mungkin meninggal atau menderita penyakit parah akibat virus corona daripada perempuan. Tetapi tidak diketahui apakah Trump memiliki kondisi medis lain yang dapat menempatkannya dalam kelompok berisiko tinggi.

Berdasarkan pemeriksaan fisik terakhir, tekanan darahnya diketahui sedikit tinggi. Tidak ada bukti dia mengidap kanker, penyakit ginjal, diabetes, atau kondisi lain yang diketahui membuat berisiko lebih tinggi. Dokter Gedung Putih, Dr. Sean Conley mengatakan, pemeriksaan fisik terakhirnya dilakukan pada April, dan tidak ada temuan yang signifikan atau perubahan untuk dilaporkan.

Setelah pemeriksaan fisik Trump pada 2018, dokter Trump saat itu, Dr. Ronny Jackson mengatakan bahwa Trump menjalani CT scan kalsium koroner sebagai bagian dari pemeriksaan fisik rutinnya. Skornya adalah 133, dan angka di atas 100 menunjukkan arteri tersumbat sebagian dengan plak. Menurut catatan medis resmi Trump, pada 2009 skor kalsium koronernya adalah 34 dan pada 2013, 98.

(Baca juga: Benarkah Kebiasaan Gigit Pick Gitar seperti Eddie Van Halen Sebabkan Kanker Tenggorokan? )

Skor 133 mengungkapkan telah ada penumpukan plak yang stabil di pembuluh darah, yang menunjukkan penyakit jantung sedang. Tetapi Trump telah menggunakan obat statin untuk menurunkan kolesterolnya dan itu pada tingkat normal pada fisik terakhirnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)