Lima Resep Kopi Instan Unik yang Bisa Dibuat di Rumah

Kamis, 08 Oktober 2020 - 19:00 WIB
loading...
Lima Resep Kopi Instan Unik yang Bisa Dibuat di Rumah
Sejumlah besar resep kopi instan yang inovatif dan lezat mulai muncul di internet, seperti kopi granola bar hingga kopi telur vietnam. / Foto: Ilustrasi/SBS
A A A
JAKARTA - Saat ini di Indonesia, kopi sudah bukan sekadar menjadi pelepas kantuk, namun sebuah gaya hidup berbagai kalangan. Dipicu kebosanan dan media sosial , sejumlah besar resep kopi instan yang inovatif dan lezat mulai muncul di internet, seperti kopi granola bar hingga kopi telur vietnam.

(Baca juga: Beri Penghormatan pada Eddie van Halen, Frontman Machine Head Mainkan Eruption )

Apabila Anda memiliki bungkus kopi instan berukuran besar yang tidak terpakai, ini saatnya memanfaatkannya dengan mencoba lima resep super enak yang bisa Anda buat di rumah. Berikut lima resep kopi instan unik untuk dibuat di rumah seperti dilansir dari Times of India, Rabu (7/10).

1. Kopi Granola Bar

Suka kopi tapi tidak punya waktu untuk menyeduh secangkir kopi segar? Cobalah kopi granola bar instan ini untuk sarapan. Ini mudah dibuat dan disimpan. Larutkan 1 ½ sdm bubuk kopi instan dalam 2 sdm air dan sisihkan. Campurkan 2 cangkir gandum instan, 2 cangkir kismis, dan kopi larut dalam food processor. Setelah adonan mulai terbentuk, ratakan di atas kertas roti dan bekukan selama 15 sampai 30 menit. Potong menjadi bentuk yang diinginkan dan nikmati.

2. Kopi Mocha Brownies

Brownies yang lembut menjadi camilan yang sangat enak di malam hari dan disiapkan hanya dalam 30 menit. Untuk membuatnya, panaskan oven hingga 350 derajat fahrenheit dan lumuri loyang logam besar. Campurkan ⅔ cangkir tepung serbaguna, ¾ cangkir gula, ¼ cangkir coklat tanpa pemanis, 2 sdt kopi instan, ¼ sdt baking powder, dan ⅛ sdt garam. Kemudian tambahkan ⅓ cangkir mentega cair atau margarin, 2 sdt vanili dan 1 telur kocok, aduk rata. Oleskan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak dan panggang selama 18-20 menit. Taburi dengan 1 sdt gula halus dan potong persegi sebelum disajikan.

3. Kue Biji Kopi

Jika tidak memiliki cukup kopi, Anda dapat menikmati kue manis yang lembut ini dengan secangkir teh panas. Campur 75 gram mentega tawar pada suhu kamar hingga menjadi krim. Tambahkan 65 gram gula pasir, 1 kuning telur dan aduk hingga tidak ada gumpalan tersisa. Tambahkan 5 gram bubuk kopi instan dengan 8 gram air panas dan campur dengan adonan telur. Di piring terpisah, tambahkan 120 gram tepung serbaguna, 12 gram bubuk kakao, dan 25 gram tepung jagung.

Tambahkan campuran kering ini ke bagian basah satu per satu untuk membuat adonan lembut. Pisahkan menjadi 8 bola, beri bentuk oval dan buat garis di antaranya menggunakan tusuk gigi. Dinginkan di dalam freezer selama setengah jam. Kemudian, panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 325 derajat Fahrenheit selama 12 hingga 14 menit. Dinginkan sebelum disajikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)