Cara Sederhana Mengatasi Demam

Selasa, 13 Oktober 2020 - 19:03 WIB
loading...
Cara Sederhana Mengatasi Demam
Demam merupakan masalah kesehatan yang umum dan dapat menyerang siapa saja dari segala usia dan jenis kelamin. Tapi, ada cara mudah mencegah dan mengatasinya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Demam merupakan masalah kesehatan yang sangat umum dan dapat menyerang siapa saja dari segala usia dan jenis kelamin. Sebagian besar jenis demam tidak memerlukan pengobatan yang serius dan akan sembuh demgan sendirinya dengan beberapa metode alami yang efektif.

Perlu diketahui, demam sendiri bukanlah suatu penyakit melainkan indikasi dari beberapa komplikasi di dalam tubuh. Kondisi tersebut ditandai dengan suhu tubuh yang tinggi yang biasanya datang secara perlahan terlebih dahulu lalu meningkat selama beberapa hari bahkan bisa meningkat dengan cepat. (Baca juga: Singgung Perang Korea, BTS Jadi Bulan-bulanan Warganet China )

Suhu yang tinggi ketika demam membuat kita merasa sangat tidak nyaman ditambah dengan kondisi lainnya seperti menggigil seiring dengan naiknya suhu tubuh. Dilansir Boldsky, berikut cara sederhana untuk mencegah dan mengatasi demam.

1. Tetap terhidrasi
Ketika suhu tubuh naik saat demam, tubuh kita mencoba mendinginkannya dengan mengeluarkan keringat dan terlalu banyak air yang hilang dari tubuh bisa menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, disarankan untuk terus terhidrasi dengan meminum jus atau air putih untuk mengisi kembali cairan yang hilang.

2. Istirahat
Istirahat sangat penting saat Anda demam karena dapat membantu masa pemulihan lebih cepat. Luangkan waktu yang cukup untuk istirahat dan tetap rileks karena dapat memberi tubuh cukup waktu untuk kembali ke fungsi normalnya.

3. Pola makan sehat
Pola makan yang sehat secara langsung berkaitan dengan penurunan demam dan tubuh mendapatkan kembali kekebalan dan energi dalam beberapa hari. Sertakan juga makanan yang mengandung vitamin C, protein, dan lemak sehat. (Baca juga: Studi: Pria Belum Nikah Lebih Berisiko Meninggal akibat Covid-19 )

4. Obati lepuh demam
Dalam beberapa kasus, demam disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyebabkan lepuh beberapa area seperti di wajah, bibir, atau bagian tubuh lainnya. Sebaiknya anda cepat obati lepuh demam tersebut karena faktor-faktor tertentu dapat mengaktifkan kembali virus dan menyebabkan demam sulit hilang.

5. Tingkatkan kekebalan tubuh
Kekebalan tubuh memainkan peran penting dalam menyerang patogen penyebab demam. Disarankan konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kekebalan seperti makanan kaya vitamin C, seng dan vitamin D.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2389 seconds (0.1#10.140)