Resep Loukoumades, Donat Mini Khas Yunani yang Lagi Viral

Selasa, 13 Oktober 2020 - 16:33 WIB
loading...
Resep Loukoumades, Donat Mini Khas Yunani yang Lagi Viral
Baru-baru ini Loukoumades atau donat mini khas Yunani menjadi viral di media sosial. Camilan berbentuk bola-bola kecil yang diberi berbagai topping ini menjadi kudapan yang disukai. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini Loukoumades atau donat mini khas Yunani menjadi viral di media sosial. Camilan berbentuk bola-bola kecil yang diberi berbagai topping ini menjadi kudapan yang disukai. Ini karena teksturnya lembut, kenyal, dan empuk dengan bagian luar yang krispi dan cocok disajikan untuk buah hati Anda.

Untuk menikmatinya, Anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Bahkan, tanpa ulen. Jika tertarik untuk mencobanya, Devina Hermawan berbagi resep membuat Loukoumades melalui channel YouTube miliknya. (Baca juga: Bunda, Begini Cara Membuat Burger yang Sehat dan Lezat )

Bahan-bahan:
150 gr tepung protein sedang
1 sdm tepung tapioka
ÂĽ sdt baking powder
5 gr ragi
175 ml susu cair hangat
1 sdm minyak
1-2 sdm gula pasir
25 gr wijen

Bahan honey butter glaze:
2 sdm madu
1 sdm mentega cair
ÂĽ sdt garam

Bahan strawberry cheese glaze:
6 buah strawberry (ukuran sedang @15gr)
3 sdm susu cair
120 gr cream cheese
60 gr gula halus
½ sdt ekstrak vanila
2 sdm almond, cincang

Bahan lain:
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
Campurkan ragi, gula pasir, dan minyak dengan susu hangat lalu aduk rata. Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, dan baking powder lalu tuang adonan susu dan aduk menggunakan sumpit hingga rata. Tutup adonan dengan cling wrap lalu diamkan 15-30 menit atau hingga mengembang. (Baca juga: Bintangi Film Korea, Joe Taslim Tunjukkan Kepiawaian Bermain Pedang )

Untuk strawberry cheese glaze, blender strawberry dengan susu hingga halus lalu aduk cream cheese, ekstrak vanila, dan gula halus menggunakan spatula hingga rata lalu tuang jus strawberry dan aduk lagi hingga rata, kemudian saring dan sisihkan.

Setelah adonan mengembang, pindahkan adonan ke dalam plastik segitiga. Panaskan minyak dengan api kecil-sedang, celupkan gunting kedalam minyak lalu semprotkan dan gunting adonan diatas pan, aduk sesekali dan goreng hingga coklat keemasan. Bisa juga diberi topping wijen dengan cara semprotkan adonan dan celupkan kedalam wijen lalu gunting adonan diatas pan, aduk sesekali dan goreng hingga coklat keemasan.

Untuk honey butter glaze, letakkan loukoumades dengan topping wijen di dalam mangkuk besar lalu tuang madu, mentega dan garam kemudian aduk-aduk hingga tercampur rata dan pindahkan ke piring saji.

Untuk strawberry cheese glaze, tusuk loukoumades menggunakan tusuk gigi lalu celupkan kedalam glaze lalu celupkan lagi kedalam almond cincang. Atau bisa juga langsung letakkan di piring saji dan tuang glaze diatasnya kemudian taburi dengan almond cincang. Loukoumades siap disajikan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)