Era Baru Konser Virtual

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 06:01 WIB
loading...
A A A
Konser virtual sejatinya harus terus hadir meskipun nantinya konser secara langsung kembali dibuka. Sebagai seorang promotor konser, Anas sudah punya konsep konser virtual sejak 2018. Dia membuat platform digital khusus menonton konser bagi siapa pun dan di mana pun seperti menonton film yang kini sudah banyak dilakukan. (Baca juga: Didesak Mundur Puluhan Ribu Demonstran, PM Thailand Bertahan)

Menurut Anas, dia menyadari betul penggemar artis itu banyak kelasnya. Tidak semua dari mereka mampu membeli tiket konser seharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Mereka hanya bisa menonton di Youtube sehingga akhirnya dia terpikir untuk membuat konser yang bisa dibayar murah, bahkan dapat dibayar menggunakan pulsa.

Anas merasa berkewajiban memberi pengalaman baru kepada penonton seolah-olah mereka sedang menonton langsung. Karenanya artis wajib tetap berada di panggung megah, bukan di rumah atau studio. "Harus benar-benar di tempat sesungguhnya seperti di depan Candi Prambanan untuk Prambanan Jazz Virtual Festival. Konser virtual Tulus juga dilakukan di Istora Senayan," sambungnya.

Anas sudah memiliki konser virtual selanjutnya. Dalam 16 minggu ke depan sudah ada konser per bulan. Konser dapat dinikmati gratis bagi pelanggan aplikasi i-Konser. (Baca juga: Akui Bisa Sembuhkan Covid-19, Dukum Cabul Dibekuk Polisi)

Konser virtual berbayar ini juga harus fokus untuk menggaet penonton sehingga dibutuhkan konten berbeda dalam setiap konser. Hal itu disadari Rudy Wanandar, Head of Trinity Artist Management. Menurutnya, setiap Trinity akan mengadakan konser virtual, konsep konser harus dipersiapkan secara matang. Mulai dari gimmick hingga bintang tamu yang akan menjadi magnet bagi penonton.

Misalnya saat menggelar konser virtual penyanyi pendatang baru Mawar Eva de Jong. Gimmick konser sudah diberi tahu sejak awal. Para penggemar Mawar ditawari tampil bernyanyi bersama. Caranya cukup mengirimkan video ala duet dengan Mawar. Jika beruntung, beberapa orang terpilih akan ditampilkan saat konser.

"Otomatis orang tersebut harus menonton konser dan tentu beli tiket. Untuk tahu apakah dia yang dipilih untuk bernyanyi bersama Mawar," jelas Rudy. (Lihat videonya: Pernyataan Bank Dunia Mengenai Undang-undang Cipta Kerja)

Begitu juga saat konser virtual The Baldys, keluarga penyanyi cilik Naura dan Nola B3. Konser yang bekerja sama dengan Merah Putih Production ini pun menghadirkan Afgan sebagi bintang tamu. (Ananda Nararya)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2420 seconds (0.1#10.140)