Peneliti di Inggris Temukan Pasien Covid-19 Alami Gangguan Pendengaran Mendadak

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 15:41 WIB
loading...
Peneliti di Inggris Temukan Pasien Covid-19 Alami Gangguan Pendengaran Mendadak
Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa infeksi virus corona baru dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen mendadak pada beberapa pasien. / Foto: Ilustrasi/Business Insider
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa infeksi virus corona baru dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen mendadak pada beberapa pasien. Menurut para ilmuwan, termasuk dari University College London di Inggris, kesadaran akan kemungkinan efek samping ini penting karena pengobatan steroid yang tepat dapat membalikkan gangguan pendengaran.

(Baca juga: 8 Manfaat Seks Pagi Hari untuk Kesehatan, Pereda Stres hingga Bikin Awet Muda )

Sebagaimana dilansir Times Now News, Jumat (16/10), para ilmuwan mengatakan, meski penyebabnya tidak terlalu jelas, namun kondisi ini terkadang mengikuti infeksi virus, seperti flu atau herpes.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Case Reports itu menggambarkan kasus seorang pria berusia 45 tahun dengan asma yang dirujuk ke Royal National, setelah tiba-tiba mengalami gangguan pendengaran di salah satu telinga saat dirawat karena Covid-19 .

Menurut para ilmuwan, pasien telah dirawat di rumah sakit dengan gejala Covid-19 yang telah berlangsung selama 10 hari. Di mana dia dipindahkan ke perawatan intensif karena berjuang untuk bernapas.

Penelitian tersebut mencatat, dia memakai ventilator selama 30 hari, dan mengembangkan komplikasi lain sebagai hasilnya. Dia diobati dengan obat antivirus remdesivir, steroid intravena, dan transfusi darah, setelah itu mulai membaik.

Namun, pasien melihat dering (tinnitus) di telinga kirinya diikuti oleh gangguan pendengaran mendadak di telinga tersebut seminggu setelah selang pernapasan dilepas dan dia meninggalkan perawatan intensif.

Menurut para ilmuwan, dia tidak pernah kehilangan pendengaran atau memiliki masalah telinga sebelumnya, dan selain asma, dia bugar dan sehat. Saat memeriksa saluran telinganya, mereka menemukan bahwa tidak ada penyumbatan atau peradangan, tetapi tes pendengaran menunjukkan bahwa dia telah kehilangan pendengaran di telinga kiri secara substansial.

Dia dirawat dengan tablet steroid dan suntikan setelah pendengarannya pulih sebagian, kata penelitian itu. Para ilmuwan mengatakan, dia dites negatif untuk penyebab potensial lainnya, termasuk rheumatoid arthritis, flu dan HIV. Hal ini mendorong dokter untuk menyimpulkan bahwa gangguan pendengaran terkait dengan infeksi Covid-19 .

"Meskipun ada banyak literatur tentang Covid-19 dan berbagai gejala yang terkait dengan virus tersebut, ada kurangnya diskusi tentang hubungan antara Covid-19 dan pendengaran," tulis para peneliti dalam laporan kasus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)