Pakai Topeng Iron Man, Robert Downey Jr. Tak Bisa Melihat

loading...
Pakai Topeng Iron Man, Robert Downey Jr. Tak Bisa Melihat
Di awal perannya sebagai Iron Man di MCU, Robert Downey Jr. harus mengenakan helm untuk kostum superhero tersebut. Helm itu membuatnya tidak bisa melihat. (Comic Book)
A+ A-
Robert Downey Jr. senantiasa identik dengan karakter Iron Man yang dia perankan di franchise Marvel Cinematic Universe (MCU) sejak 2008. Namun, siapa sangka jika di awal hari-harinya sebagai Iron Man, Robert sempat merasa kesulitan. Terutama, ketika dia harus mengenakan kostum superhero miliarder tersebut ketika sedang syuting.

Dalam sebuah wawancara dengan David Letterman, Robert ditanyai apakah gerakan helm dan topeng Iron Man itu betulan atau hanya efek khusus. Menurut Robert, helm Iron Man itu merupakan desain yang berkembang selama dia memerankan tokoh itu di MCU. Namun, pada awalnya, benda itu menjadi masalah bagi Robert ketika mengenakannya.

“Awalnya seperti itu—semuanya benar-benar ada. Mereka ingin meminimalisasi penggantian CG. Jadi, saya ingat ketika helm itu tersedia… saya mengenakannya dan helm itu tertutup dan saya tidak bisa melihat apa-apa. Dan, lampu LED-nya menyala dan itu seperti Manchurian Candidate. Saya benar-benar buta,” tutur Robert seperti dikutip Comic Book. (Baca Juga: Iron Man, Satu-Satunya Anggota Asli Avengers Tanpa Penerus di MCU)

Untuk menghemat pengeluaran di awal franchise itu, Marvel tidak menggunakan CGI untuk membuat kostum Iron Man. Di film Iron Man pertama, kostum superhero itu jadi lebih rumit karena Tony Stark menambahkan modifikasi. Pada akhirnya, kostum itu benar-benar otomatis. CGI pun dibutuhkan. Di sini, Marvel bisa benar-benar memberikan efek khusus.



Di film Avengers terakhir, dia sebenarnya diminta mengenakan helm tersebut, tapi dia menolaknya. Robert mengatakan, dia lebih senang syuting sebagai Iron Man dengan CGI di pascaproduksi.

“Saat kami membuat Avengers terakhir, mereka seperti, ‘Hey, Robert, bisakah memakai—Helm? Nggak! Ya? Nggak. Letakkan dua titik di sini (gerakan pada mata) dan lalu kalian bisa melukisnya nanti,” ujar Robert.

Film Iron Man yang dirilis pada 2008 menjadi tonggak dimulainya MCU. Kostum Iron Man yang diperkenalkan di film itu juga menjadi salah satu kostum ikonik dalam sejarah perfilman buku komik hingga saat ini. Namun, banyak penggemar yang mengeluh kalau Iron Man lebih menjadi karakter CGI ketimbang karakter nyata. (Baca Juga: 7 Karakter yang Dipastikan Tampil di Film Spider-Man 3)



Nyatanya, penampilan Robert-lah yang mampu menghidupkan sosok Iron Man dan Tony Stark. Walaupun, sebagian besar, Robert melakukan banyak adegan di film-film MCU yang dia bintangi dari booth suara yang jemudian “dilukis” ke pandangan interior helm Iron Man-nya. Dengan kata lain, Robert jelas mengenakan helm Iron Man CG-nya untuk kebaikan.

Perjalanan Robert sebagai Tony Stark telah berakhir tahun lalu di Avengers: Endgame. Di film tersebut, Tony tewas setelah menjentikkan jarinya yang mengenakan sarung tangan untuk Batu Keabadian demi menyelamatkan jagat raya dari ancaman Thanos. Kematian itu membuat masa depannya di film Marvel belum jelas. Robert telah mengatakan dia sudah selesai dengan Tony. Dia mengesampingkan ide kalau karakter itu bakal tampil sebagai flashback atau di sebuah prekuel. Namun, ini tidak berarti karakter Iron Man mati begitu saja.

Di komik, sejumlah orang telah menggantikan Tony Stark sebagai Iron Man. Dikutip dari Screen Rant, salah satunya adalah James Rhodes alias War Machine. Di MCU, tokoh tersebut diperankan Don Cheadle. Sampai saat ini, belum jelas apakah Don bakal tampil kembali sebagai tokoh itu di film atau serial MCU. Namun, di Fase 4 MCU, sepertinya belum akan ada tokoh baru untuk peran Iron Man seperti dari komik.
(alv)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top