Jangan Buang Sisa Makanan, Olah Saja Jadi Hidangan Nikmat lainnya

loading...
Jangan Buang Sisa Makanan, Olah Saja Jadi Hidangan Nikmat lainnya
Sering kali Anda memiliki sisa makanan karena memasak dengan porsi besar. Jangan dibuang, Anda bisa mengolahnya kembali jadi makanan yang lezat. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Sering kali ketika masak di rumah Anda memiliki sisa makanankarena memasak dengan porsi besar atau berbagai alasan lainnya. Namun, sebaiknya sisa makanan ini jangan langsung Anda buang. Pasalnya, sisa makanan dapat kembali diolah menjadi hidangan nikmat lainnya.

Seperti halnya kulit pisang yang licin. Sisa makanan ini bisa bertransformasi menjadi hidangan istimewa selezat daging sapi dan menjadi alternatif makanan vegan yang mengenyangkan dan tetap sehat. Atau kulit jeruk yang biasanya dikeringkan dan dijadikan pewangi ruangan alami, menjadi manisan kulit jeruk yang bisa dikonsumsi dan rasanya nikmat sekali. (Baca juga: Iga Bakar Madu Bisa Jadi Menu Spesial saat Menikmati Libur Panjang)

Pastinya jauh lebih baik dan aman jika bisa membuat sendiri manisan kulit jeruk sekaligus sirup jeruk dibandingkan harus membeli di toko yang sudah banyak dicampur dengan bahan kimiawi.

Dikutip Cookpad, ada juga kreasi kulit semangka yang diolah menjadi tumisan yang segar. Bahkan, kesegarannya tidak kalah dengan daging buah semangka. Menggunakan seluruh bagian dari bahan masakan tidak melulu harus berupa masakan baru. Banyak hal yang bisa dilakukan agar bagian-bagian ini bermanfaat untuk sajian utama.

Sesederhana menambahkan batang brokoli untuk melengkapi serat dalam nasi goreng Anda atau dengan tidak mengupas bawang putih untuk memperkuat keunikan masakan.



Selain dapat menambah tekstur dalam makanan atau menambah kuantitas makanan itu sendiri, memasak setiap bagian juga berkontribusi menambah asupan nutrisi untuk tubuh. Menurut penelitian, vitamin pada buah terletak di bagian antara kulit dan daging. Jadi, tidak ada salahnya coba membiasakan mengolah bahan masakan tanpa mengupas kulit atau membuang batangnya.

Sementara itu, buah apel selain enak dibuat apple pie, aroma apel juga bisa membuat minuman teh menjadi lebih istimewa. Sama halnya dengan produk hewani seperti kepala ayam, kaki ayam atau ceker, jeroan, kulit udang dan lain sebagainya. Banyak produk yang bisa dihasilkan dari bagian-bagian tersebut salah satunya kaldu.

Dengan memasak mulai dari batang hingga ke bunga atau kepala sampai ke ekor, secara pasti proses pengolahan ini akan mengurangi limbah dapur sekaligus ekonomis mengurangi biaya belanja karena telah memanfaatkan hampir seluruh bagian tanpa sisa dari bahan tersebut, baik menjadi satu hidangan yang baru ataupun melengkapi hidangan yang biasa Anda masak. (Baca juga: Staycation Pilihan Aman Berlibur di Momen Long Weekend saat Pandemi)

Di samping itu, memasak setiap bagian pastinya akan semakin menambah variasi menu untuk memasak sehari-hari tanpa perlu membeli bahan lain. Cobalah untuk masak menggunakan seluruh bagian dari bahan-bahan yang ada dan dapatkan inspirasi dan semangat baru untuk membuat kegiatan masak menjadi makin menyenangkan.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top