Staycation Pilihan Aman Berlibur di Momen Long Weekend saat Pandemi

Selasa, 27 Oktober 2020 - 09:29 WIB
loading...
Staycation Pilihan Aman Berlibur di Momen Long Weekend saat Pandemi
Staycation bisa menjadi pilihan terbaik karena dinilai paling aman saat pandemi ini. Menariknya liburan ini dapat melibatkan seluruh anggota keluarga. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Long weekend atau libur panjang akhir bulan ini cukup lama, mulai 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020. Momen ini kerap dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke tempat-tempat wisata di berbagai daerah.

Namun, ada kekhawatiran dari pemerintah karena masa pandemi COVID-19 belum berakhir dan berpotensi terhadap penularan virus corona baru. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 dr Reisa Brotoasmoro menyayangkan jika hal itu terjadi. Untuk menikmati libur panjang, Reisa membagikan tips. (Baca juga: Tips Tetap Sehat Selama Libur Panjang di Tengah Pandemi )

Staycation (stay vacation) atau berlibur di rumah saja bisa menjadi pilihan terbaik karena dinilai paling aman dan masyarakat dapat mengendalikan lingkungan tempat tinggalnya. Bahkan dapat melibatkan seluruh anggota keluarga.

Staycation bisa dijadikan kesempatan menjalankan protokol kesehatan keluarga yang telah disusun Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

"Rumah dibersihkan dan di-disinfeksi secara rutin. Pastikan peredaran udara segar dan lancar dengan membuka ventilasi atau jendela, biarkan sinar matahari masuk," kata Reisa dalam siaran resminya baru-baru ini.

Meski berlibur di rumah saja, Reisa menyebutkan tidak kalah seru dibandingkan berlibur di luar rumah. Banyak hal yang dapat dilakukan mulai dari tur virtual ke tempat-tempat wisata seperti museum dan sejenisnya. Reisa juga menyarankan memanfaatkan internet untuk menonton konser musik, film atau membuat permainan seru bersama anggota keluarga bahkan olahraga bersama.

"Nah, untuk olahraga ini, kami sudah pernah menyampaikan pedoman dari Kementerian Pemuda dan Olahraga opsi melakukan olahraga di rumah sebagai opsi terbaik. Yoga misalnya, senam atau mempraktekkan tips stretching dan angkat beban," ujar Reisa. (Baca juga: Selena Gomez Ingin Punya Pacar yang Lucu )

Namun, jika masyarakat memutuskan untuk berolahraga di luar rumah, perhatikan intensitasnya. Untuk tingkat intensitas ringan disarankan tetap memakai masker dan menjaga jarak aman.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)