Cocok Temani Libur Panjang, Yuk Bikin Roti Goreng Ubi

Rabu, 28 Oktober 2020 - 06:26 WIB
loading...
Cocok Temani Libur Panjang, Yuk Bikin Roti Goreng Ubi
Resep ini menghasilkan tekstur luar garing dan di dalam lembut meleleh dengan isian ubi dan keju mozarella. / Foto: YouTube
A A A
JAKARTA - Salah satu makanan yang sempat viral yaitu goguma ppang atau Korean sweet potato bread, roti mochi yang tampilannya mirip ubi ungu. Sedikit berbeda, kali ini Chef Devina Hermawan membagikan kreasinya dengan menggunakan adonan roti.

(Baca juga: Jangan Buang Sisa Makanan, Olah Saja Jadi Hidangan Nikmat lainnya )

Resep ini menghasilkan tekstur luar garing dan di dalam lembut meleleh dengan isian ubi dan keju mozarella. Kudapan ini dapat menjadi pilihan sebagai camilan selama libur panjang Anda bersama keluarga.

Penasaran rasanya seperti apa? Berikut resep membuat roti goreng ubi seperti diambil dari kanal YouTube Devina Hermawan.

Bahan-bahan:

Adonan roti:
300 gr tepung terigu protein sedang
190 gr susu cair
2 sdm gula pasir
1 ½ sdt baking powder
1 ½ sdt ragi
10 ml minyak

Ubi filling:
650 gr ubi jepang, panggang
75 gr mozarella, potong
50 gr salted butter, potong

Coating:
50 gr bubuk taro atau bubuk ubi ungu
30 gr gula halus

Lainnya:
Susu cair atau air
Minyak untuk menggoreng

Cara membuatnya:

1. Masukkan tepung terigu, gula, baking powder, dan ragi ke dalam mangkuk lalu aduk dengan mixer menggunakan kecepatan rendah. Tuang susu dan minyak lalu aduk menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata. Olesi mangkuk dengan minyak lalu letakkan adonan dan istirahatkan adonan kurang lebih 2 jam ditutup dengan cling wrap.

2. Panggang ubi selama 1 jam dengan suhu 200 derajat Celcius. Setelah dingin, kupas ubi kemudian haluskan, boleh ditambah gula halus dan susu bubuk jika ubi dirasa tidak terlalu manis dan timbang menjadi 15 bagian masing-masing 35 gram. Pipihkan ubi lalu isi dengan salted butter dan juga mozarella, kemudian rapatkan dan taruh di dalam lemari es. Kempiskan adonan roti lalu timbang adonan menjadi 15 bagian masing-masing 35 gram.

3. Pipihkan adonan menggunakan rolling pin lalu isi dengan isian ubi dan oles satu sisi adonan menggunakan susu atau air kemudian rapatkan dan bentuk memanjang menyerupai ubi, istirahatkan adonan kurang lebih 15 menit. Setelah diistirahatkan beri guratan menggunakan pisau dan lubang menggunakan sumpit supaya lebih menyerupai ubi asli. Panaskan minyak dengan api sedang lalu goreng roti dengan api kecil sambil ditekan menggunakan pisau supaya ada guratan-guratan.

(Baca juga: Cerita Asli Hidangan Khas Nasi Campur ala Bali )

4. Kemudian masak hingga coklat keemasan. Taburi permukaan roti dengan bubuk taro yang dicampurkan dengan gula halus. Roti goreng ubi siap disajikan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3209 seconds (0.1#10.140)