Bolehkah Memberi Anak Hadiah Agar Mau Berpuasa?

Jum'at, 08 Mei 2020 - 17:28 WIB
loading...
Bolehkah Memberi Anak Hadiah Agar Mau Berpuasa?
Bagi sebagain orang tua, iming-iming hadiah dinilai efektif membangkitkan semangat si kecil menjalankan puasa hingga sebulan penuh. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Berbagai cara dilakukan orang tua agar anak semangat menjalankan puasa Ramadhan, mulai menyediakan makanan berbuka puasa favorit hingga memberikan hadiah.

Bagi sebagain orang tua, iming-iming hadiah dinilai efektif membangkitkan semangat si kecil menjalankan puasa hingga sebulan penuh. Hadiah yang diberikan pun terbilang beragam, dari memberikan peralatan sekolah, pakaian, mainan atau makanan favorit hingga berlibur mengunjungi tempat yang diinginkan.

"Boleh diberikan reward, misalkan puasanya full sampe target selama itu tidak dipaksa tidak masalah," kata dr. Meta Hanindita, Sp.A(K).

Lebih lanjut dr. Meta menjelaskan bahwa yang terpenting adalah anak harus mengerti hakikat berpuasa sebelum menjalankannya. Jelaskan kepada anak, kenapa mereka harus mejalankan puasa. Di sisi lain, orangtua juga wajib melihat kemampuan anak sebelum memperkenalkan puasa.

"Kalo kita menjelaskan hal tersebut ke anak yang usia 2 atau 3 tahun, kayanya masih belum ngerti-ngerti amet nih. Mungkin akhirnya ikut-ikutan aja. Karena harus disesuaikan juga dengan kemampuan anak," jelasnya.

Sementara, puasa sendiri memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh yang kebenarannya sudah terbukti secara ilmiah. "Puasa juga baik untuk kesehatan dan melatih kedisiplinan anak," tandasnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)