Bingung Memilih Kacamata Anak? Simak Tips Ini

Senin, 02 November 2020 - 07:00 WIB
loading...
Bingung Memilih Kacamata Anak? Simak Tips Ini
Memilih kacamata bagi anak gampang-gampang susah, tapi ada tipsnya. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Paparan gawai yang intens dan sejak dini dapat merusak kemampuan penglihatan anak di samping juga faktor bawaan. Akhirnya mau tak mau anak harus memakai kacamata.

Masalahnya, memilih kacamata bagi anak gampang-gampang susah. Dr. Dwi Angga Kusma Amd, RO, Refraksionis Optisien RSUI, memberikan tips memilih kacamata anak. Berikut ulasannya.

( )

1. Pemilihan Frame
Pemilihan frame direkomendasikan dari bahan plastik yang ringan dan lentur, atau bahan plastik yang mempunyai pegas di bagian kanan dan kirinya. Hal ini bertujuan agar anak lebih nyaman ketika memakai kacamata dan tidak merasa berat.

2. Pemilihan Size dan Setelan Frame
Sesuaikanlah ukuran frame dengan ukuran wajah anak. Jangan terlalu besar dan jangan pula terlalu kecil. Hindari membeli kacamata dengan setelan yang tidak pas. Misalnya terlalu ketat, melorot, ataupun miring ketika ingin digunakan. Tentu hal itu bisa membuat anak tidak nyaman memakai kacamata . Pastikan anak mencoba frame dengan baik, barulah setelah itu memesan lensanya.

( )

3. Pemilihan Lensa
Pastikan lensa yang dipilih berbahan dasar plastik, lentur, tahan gores, dan mempunyai perlindungan terhadap sinar matahari. Dengan begitu penglihatan mereka dapat terjaga dengan baik. Bahan yang direkomendasikan adalah lensa berbahan polikarbonat di mana tekstur bahan tersebut sangat kuat dan antipecah serta tipis sehingga ringan dipakai dan nyaman.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2514 seconds (0.1#10.140)