Sering Kebablasan Saat Makan di Restoran? Ini Tips Menghindarinya!

Minggu, 01 November 2020 - 22:58 WIB
loading...
Sering Kebablasan Saat Makan di Restoran? Ini Tips Menghindarinya!
Makan di restoran, seringkali membuat kebablasan. Bila dibiarkan ini bisa mengganggu kesehatan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Sedang menjalani diet tapi keluarga atau teman mengajak makan di restoran. Bisa-bisa diet yang tengah Anda bangun gagal, sementara untuk menurunkan berat badan lagi tentu harus ekstra tenaga. Tetapi menolak ajakan orang lain pastinya juga tidak enak, terlebih jika yang mengajak sedang berulang tahun dan ingin merayakan bersama Anda. Supaya diet Anda tidak rusak dan akhirnya malah menyesali makanan yang telah dimakan, di saat bersamaan masih bisa menikmati lezatnya menu di restoran, cobalah cara berikut:

Baca juga : Cara Tepat Menjaga Diet Usai Liburan

1. Kudapan sebelum pergi

Kalau sedang lapar Anda bisa makan banyak ketika di restoran nanti. Jadi ada baiknya makan dulu sedikit tapi jangan sampai kenyang. Yang pasti jangan kelaparan begitu membuka buku menu, dengan begitu Anda tidak akan memilih makanan yang paling ingin Anda makan. Cobalah memesan sayuran, buah, atau makanan ringan lainnya yang tidak banyak kalori.

2. Pilih menu protein

Sederhananya, pilih menu protein seperti ayam, steak, atau ikan sebagai makanan utama. Diikuti dengan sajian sayuran atau salad.

Baca juga : Ingin Turunkan Berat Badan, Ikuti Diet Sehat Ini!

3. Selektif memilih proses masak

Hindari: makanan digoreng, ditumis, digulai, creamy, lengket, dan makanan seperti sup kental. Jenis masakan tersebut tinggi kalori atau tinggi gula. Sebaliknya, pilih yang dipanggang, dibakar, dikukus, direbus, dan dimasak dengan teknik stir fry.

4. Tanyakan kepada pelayan

Anda boleh bertanya kepada pelayan seperti apakah boleh memesan setengah porsi? Bolehkah mengganti kentang goreng dengan salad? Bolehkan disajikan tanpa mayones?Dan pertanyaan lainnya. Jangan ragu untuk bertanya sehingga Anda bisa mendapatkan versi menu sehat dari makanan yang Anda pesan.

5. Cek restorannya
Cara terbaik Anda tidak tergoda dengan makanan yang tidak sehat adalah dengan tidak membuka buku menu. Lalu bagaimana jika ingin memesan? Cari tahu dulu tentang restoran yang dituju. Cek menunya dan pilih menu yang sehat. Pesan menu ini begitu Anda datang ke restoran jadi Anda tidak sempat tergoda oleh menu-menu lainnya yang tidak sehat.

Ingat, menyantap makanan sehat setiap hari bisa menjadi tantangan tersendiri. Tapi dengan persiapan yang tepat, komitmen, dan kemauan yang tinggi Anda pun bisa melalui tantangan tersebut.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)