Menstruasi Kerap Menggangu, Ini Cara Membantu Ubah Suasana Hati

Selasa, 03 November 2020 - 13:01 WIB
loading...
Menstruasi Kerap Menggangu, Ini Cara Membantu Ubah Suasana Hati
Perubahan suasana hati dan gejala lain terkait PMS sangat umum terjadi. Ada perawatan alami dan perubahan gaya hidup yang membantu mengurangi masalah itu. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Perubahan suasana hati dan gejala lain yang terkait dengan PMS sangat umum terjadi. Menurut sebuah studi, setidaknya 90% dari mereka yang memiliki siklus menstruasi mengalami gejala PMS secara fisik atau psikologis. Namun, bagi kebanyakan wanita, gejalanya tidak parah.

Perubahan suasana hati juga tidak jarang terjadi, setidaknya gejala ini mempengaruhi antara 3-8% orang di tahun-tahun reproduksinya. Gejala biasanya berkembang ketika seseorang berusia 20-an dan dapat memburuk seiring waktu. (Baca juga: Melaney Ricardo Akui Positif COVID-19, Ini Gejala yang Dirasakan )

Beberapa faktor risiko utama Perubahan suasana hati saat menstruasi diantaranya stres, gangguan suasana hati atau kecemasan yang sudah ada sebelumnya dan riwayat keluarga.

Ada beberapa pilihan pengobatan dan manajemen potensial untuk orang-orang yang menghadapi perubahan suasana hati sebelum dan saat menstruasi.

Berikut adalah perawatan alami dan perubahan gaya hidup untuk membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan perubahan suasana hati saat menstruasi seperti dilansir Medicalnewstoday.

1. Menyimpan buku harian suasana hati
Orang dapat mencoba mencatat perubahan suasana hati mereka dan kapan perubahan itu terjadi selama siklus menstruasi. Ini dapat membantu seseorang mengenali penyebab hormonal dari perubahan suasana hati mereka, dan mengantisipasinya terjadi.

2. Makan makanan seimbang
Diet seimbang rendah gula tambahan, natrium, dan kafein diyakini dapat membantu mengurangi perubahan suasana hati.

3. Berolahraga secara teratur
Menurut MGH Center for Women’s Mental Health, olahraga aerobik secara teratur dapat mengurangi gejala emosional dan fisik PMS.

4. Mengurangi stres
Yoga, meditasi, atau terapi bicara dapat membantu mengurangi tingkat stres dan menyeimbangkan suasana hati. (Baca juga: Karena Hal Ini, Heechul Super Junior Ogah Menikah )

5. Mengonsumsi suplemen herbal
Menurut studi 2017 dari delapan uji coba terkontrol secara acak, obat herbal yang dikenal sebagai chasteberry adalah pengobatan yang aman dan efektif untuk PMS.

6. Mengonsumsi suplemen kalsium
Sebuah studi 2017 menemukan bahwa suplemen kalsium meningkatkan kecemasan, depresi, dan perubahan emosional yang terkait dengan PMS.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)