Hilangkan Persepsi Kental Manis sebagai Produk Susu

Rabu, 04 November 2020 - 19:46 WIB
loading...
Hilangkan Persepsi Kental Manis sebagai Produk Susu
Gula yang terkandung dalam SKM tidak hanya berefek kepada gizi kurang, tetapi juga hipertensi, diabtes, dan lain-lain. Foto Ilustrasi/Thriftyfun.com
A A A
JAKARTA - Iklan dan tayangan media massa turut membentuk persepsi masyarakat dalam beberapa dekade terakhir. Dalam banyak penelitian menyebutkan, ibu rumah tangga merupakan konsumen yang diperhitungkan oleh pemasar sebagai pasar sasaran untuk beriklan.

Berdasarkan hasil penelitian Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) bersama PP Aisyiyah mengenai persepsi masyarakat tentang kental manis (SKM) dan kaitannya dengan gizi buruk, ditemukan 49,6% ibu mendapatkan informasi bahwa kental manis adalah susu dari iklan di TV, radio, dan media massa lain. Sebanyak 50,4% ibu mengetahui kental manis adalah susu dari keluarga dan bahkan petugas kesehatan.

( )

Penelitian yang melibatkan 630 responden ibu dengan balita usia di bawah 5 tahun yang dilakukan di DKI Jakarta yaitu Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat pada September-Oktober 2020 ini menemukan, sebanyak 59,2% kejadian stunting pada balita di wilayah DKI Jakarta, salah satunya disebabkan pada kebiasaan mengonsumsi SKM.

Ketua Majelis Kesehatan PP Aisyiyah Dra. Chairunnisa, M.Kes mengatakan, kental manis yang seharusnya hanya digunakan sebagai topping atau penambah rasa makanan, diberikan sebagai minuman susu untuk anak.

“Studi-studi tentang persepsi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan produk pangan yang menjadi konsumsi harian perlu terus dilakukan. Sebab apa yang dikonsumsi masyarakat akan memengaruhi gizi kesehatan keluarga. Karena itu, dengan mengetahui bagaimana persepsi masyarakat mengenai kental manis adalah langkah preventif gizi buruk di Indonesia,” jelas Chairunnisa dalam webinar nasional yang diadakan YAICI-PP Aisyiyah dengan tema "Literasi Gizi Kunci Utama Anak Tumbuh Sehat dan Cerdas".

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dr. Widyastuti, MKM, mengatakan, iklan melalui offline dan online harus benar-benar diperhatikan.

“Jadi BPOM dan produsen harus jujur terhadap produk. Gula yang terkandung dalam SKM itu tidak hanya berefek kepada gizi kurang, tetapi juga terhadap hipertensi, diabtes, dan lain-lain,” kata dr. Widyastuti.

Dibenarkan Spesialis Anak DR. Dr. Tubagus Rachmat Sentika, SpA, MARS dalam kesempatan terpisah, yang menyatakan bahwa kandungan produk kental manis membahayakan tumbuh kembang anak.

“Kental manis itu dilarang untuk anak 18 tahun ke bawah karena tidak ada manfaat gizinya bagi anak. Alasannya karena komposisinya tidak baik untuk pertumbuhan anak,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)