Waspada! Diabetes Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi

Rabu, 04 November 2020 - 14:39 WIB
loading...
Waspada! Diabetes Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi
Diabetes tipe 2 bisa menyebabkan berbagai masalah seksual, salah satunya disfungsi ereksi. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 adalah penyakit di mana tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin, tidak dapat menggunakan insulin, atau gabungan keduanya. Pada diabetes, kadar gula dalam darah naik dan ini bisa menyebabkan komplikasi jika dibiarkan tidak terkontrol. Mengalami salah satu dari empat masalah seksual ini dapat menunjukkan kadar gula darah Anda sangat tinggi dan perubahan gaya hidup perlu diterapkan.

Diabetes UK menyebutkan bahwa memiliki kadar gula tinggi dalam jangka waktu tertentu dapat merusak pembuluh darah dan saraf, termasuk yang memasok penis. Kondisi ini dapat membatasi jumlah darah yang mengalir ke organ seksual, sehingga Anda bisa kehilangan sensasi.

Baca juga : Ingin Terhindar dari Diabetes? Gampang, Terapkan Saja Pola Hidup Sehat!

“Ini bisa berarti Anda mengalami kesulitan untuk terangsang, baik secara fisik maupun dalam perasaan Anda. Seks bisa menjadi bagian penting dari hidup kita, tapi itu adalah sesuatu yang masih sulit kita bicarakan," kata situs tersebut dilansir dari Express, Rabu (4/11).

"Mendapatkan waktu dan dukungan untuk membicarakan masalah seksual dengan profesional perawatan kesehatan adalah salah satu dari 15 pemeriksaan kesehatan penting Anda," lanjutnya.

Medical News Today memperingatkan tentang tanda-tanda bahaya kadar gula darah tinggi yang ditemukan pada alat kelamin pria yang dapat meliputi kemerahan, bengkak, dan gatal di sekitar kepala penis, bau yang tidak enak, penampilan putih dan menggumpal pada kulit penis, rasa sakit dan tidak nyaman saat berhubungan seks.

Baca juga : Asupan Terbaik untuk Mencegah Penyakit Jantung pada Penderita Diabetes

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Wiley Online Library, prevalensi tinggi disfungsi ereksi pada diabetes tipe 2 diteliti. Disfungsi ereksi mungkin umum terjadi pada pria dengan diabetes, tetapi prevalensinya masih diperdebatkan.

"Kami bertujuan untuk menilai prevalensi relatif disfungsi ereksi pada diabetes yang mencari database utama dari awal hingga November 2016 untuk studi yang melaporkan disfungsi ereksi pada pria dengan diabetes mellitus Tipe 1 dan Tipe 2," jelas penelitian tersebut.

Prevalensi disfungsi ereksi pada diabetes secara keseluruhan adalah 52,5%. Disfungsi ereksi umum terjadi pada diabetes, mempengaruhi lebih dari setengah pria dengan kondisi tersebut dan dengan prevalensi ganjil sekitar 3,5 kali lebih banyak daripada kontrol. Studi tersebut menyimpulkan bahwa skrining dan intervensi yang tepat untuk pria dengan disfungsi ereksi diperlukan.

Sementara itu, tanda peringatan lain dari kadar gula darah tinggi meliputi meningkatnya rasa haus dan lapar, buang air kecil lebih banyak, dan lebih sering, peningkatan buang air kecil di malam hari, rasa lapar meningkat, kelelahan, penglihatan kabur dan luka atau luka yang tidak kunjung sembuh.

(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)