Sering Merasa Capek Ketika Baru Bangun Tidur? Ini Sebabnya

Kamis, 05 November 2020 - 08:41 WIB
loading...
Sering Merasa Capek Ketika Baru Bangun Tidur? Ini Sebabnya
Beberapa penyebab sejumlah orang merasa lelah saat baru bangun tidur. Foto: Ilustrasi.
A A A
MAKASSAR - Setelah tidur dan mengistirahatkan tubuh semalam penuh, tentu kita berharap akan bangun dengan kondisi tubuh bertenaga dan siap menghadapi tantangan hari itu. Tapi, justru kita sering merasa kelelahan dan merasa membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak.

Padahal, penyebab tubuh terasa lelah ketika bangun tidur bisa saja bukan karena kurangnya waktu tidur, tapi juga dipengaruhi oleh kualitas tidur atau kondisi kesehatan kita. Nah, berikut ini beberapa penyebab beberapa orang merasa lelah saat baru bangun tidur .

1. Anemia
Orang yang kekurangan kadar hemoglobin di dalam tubuh atau disebut dengan istilah anemia akan merasa lemas dan capek ketika bangun tidur.

2. Tekanan Darah Rendah
Tekanan darah rendah dengan anemia adalah dua kondisi yang berbeda. Tapi keduanya sama-sama selalu merasa lemas atau tidak bertenaga. Tekanan darah rendah akan mengganggu sirkulasi oksigen ke otak yang membuat penderitanya sering merasa lemas, termasuk saat bangun tidur.



3. Kurang Sinar Matahari
Sebaiknya gunakan tirai yang terbuat dari bahan yang bisa ditembus matahari untuk masuk ke dalam kamar Anda. Mendapatkan sinar matahari yang cukup di pagi hari sangat baik untuk kesehatan tubuh, selain itu juga bisa memberikan sinyal ke otak bahwa saatnya untuk bangun.

4. Malas Olahraga
Rutin berolahraga dipercaya bisa membantu tidur lebih berkualitas dan dijamin tubuh akan terasa lebih segar ketika bangun keesokan harinya. Olahraga juga bisa memberikan dampak positif secara jangka panjang untuk kesehatan Anda.

5. Minum Kopi Terlalu Banyak
Kafeina yang terkandung di dalam sajian kopi akan membuat Anda terjaga, bahkan kadang Anda akan mengalami heartburn atau jantung terasa panas. Biasakan tidak mengonsumsi kopi di malam hari agar tidur Anda tidak terganggu.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)