Musim Hujan, Perlukah Vaksin untuk Hindari Flu?

Kamis, 05 November 2020 - 13:01 WIB
loading...
Musim Hujan,  Perlukah Vaksin untuk Hindari Flu?
Vaksin flu. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Musim hujan tiba, cuaca dibuat tak menentu dimana membuat tubuh rentan akan virus. Salah satunya adalah flu yang dapat mudah menyerang jika tubuh Anda rentan perlindungan, terlebih lagi selama musim hujan.

Selain karena kekhawatiran akan paparan Covid-19, kehadiran vaksin flu kian populer dan menjadi perdebatan tersendiri akan kegunaannya. Lantas perlukah suntik vaksin flu?

Untuk menyederhanakannya, jawaban singkatnya adalah: Ya, Anda harus mendapatkan vaksinasi flu tidak hanya untuk diri Anda sendiri, tetapi untuk kesehatan orang lain, terutama individu yang berisiko tinggi.

Baca juga : Begini Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Flu dan Batuk

“Flu adalah virus, dan dapat menjadi parah untuk kelompok orang tertentu, seperti orang muda, orang tua, dan mereka yang memiliki kondisi medis kronis,” kata dokter pengobatan olahraga dari Los Angeles, Joshua Scott seperti dilansir laman Runners World.

(Baca juga : Belajar Adab dari Rumah Tangga Rasulullah SAW )

Bukan hanya mereka yang rentan terhadap kondisi medis kronis, seseorang yang terlatih seperti pelari maraton sekalipun juga perlu menghadapi risiko penyakit apapun. "Pelari mudah berisiko terkena flu jika sistem kekebalan mereka melemah akibat latihan yang berlebihan," kata dokter penyakit dalam dari Amerika, Cindy Starke.

Baca juga : 5 Hal yang Wajib Dilakukan Apabila Terinfeksi Flu

Atlet atau seorang yang terlatih umumnya mengonsumsi energi yang banyak gula, gula tersebut jika diakumulasi dapat menyebabkan peradangan. “Gula menekan sistem kekebalan hingga 40 persen dan menghambat kemampuan tubuh untuk membunuh virus, bakteri, dan patogen lainnya,” Starke lebih jauh menjelaskan.

Karena flu disebabkan infeksi virus, Anda tidak dapat melumpuhkannya dengan antibiotik semata, di sini peran vaksin flu bekerja. Semakin banyak latihan yang terlewat, semakin besar kemungkinan memengaruhi aktivitas Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu tidak ada salahnya mendapatkan vaksin meski Anda sehat-sehat saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2306 seconds (0.1#10.140)