Memeluk Sapi Dipercaya Dapat Hilangkan Stres

Jum'at, 06 November 2020 - 04:02 WIB
loading...
Memeluk Sapi Dipercaya Dapat Hilangkan Stres
Tren kesehatan ini dilaporkan berasal dari Belanda yang dikenal sebagai koe knuffelen. / Foto: Ilustrasi/Reformatorisch Dagblad
A A A
JAKARTA - Memeluk sapi dipercaya dapat menghilangkan stres. Tren kesehatan ini dilaporkan berasal dari Belanda yang dikenal sebagai koe knuffelen.

(Baca juga: Usai Berolahraga, Sebaiknya Anda Hindari Beberapa Makanan Ini )

Menurut BBC, praktik memeluk sapi disebut bisa mengurangi stres pada manusia dengan melepaskan hormon pengikat oksitosin. Sapi dipilih secara khusus karena suhu tubuh yang hangat dan sikap tenang.

"Sapi adalah hewan yang sangat santai, mereka tidak berkelahi, mereka tidak mendapat masalah," kata seorang pemilik peternakan yang mempromosikan praktik tersebut kepada BBC dan dikutip Fox News, Kamis (5/11).

"Anda datang ke ladang dan kami memiliki beberapa sapi pelukan khusus dan Anda dapat berbaring di samping (sapi), orang berpikir itu sangat santai," lanjutnya.

Peternakan di Amerika Serikat dan Swiss juga telah mengadopsi mode kesehatan ini, yang menurut studi 2007 di jurnal Applied Animal Behavior Science, juga bermanfaat bagi sapi.

Para peneliti menemukan ketika hewan tersebut digosok, dipijat atau dielus, mereka mengalami relaksasi dan kesenangan juga.

"Ini menunjukkan bahwa sapi mungkin merasakan bagian tubuh manusia yang sering dibelai mirip dengan penjilatan sosial," tulis para peneliti dalam penelitian itu.

(Baca juga: Malih Tong Tong pun Tak Tega Lihat Video Dirinya Dikerjai Ade Londok )

Padahal, jika Anda tidak berada di dekat peternakan, membelai hewan peliharaan yang lebih kecil juga terbukti menurunkan tekanan darah pada manusia dan memberikan efek relaksasi.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)