Pariatmojo, Penyandang Netra yang Berbagi Kebahagiaan Lewat Lukisan

Sabtu, 07 November 2020 - 12:11 WIB
loading...
Pariatmojo, Penyandang Netra yang Berbagi Kebahagiaan Lewat Lukisan
Salah satu lukisan karya Pariatmojo. Foto/dok
A A A
Jajang R Kawentar
Pekerja Seni, Penulis

Pariatmojo, Penyandang Netra yang Berbagi Kebahagiaan Lewat Lukisan


Rasanya hampir tidak mungkin, seorang penyandang tuna netra memiliki kemampuan dalam seni lukis yang umumnya harus mengerti warna, bentuk, komposisi, volume dan banyak lagi persyaratan yang dianjurkan. Meskipun anjuran itu banyak yang dilanggar, tetap saja seni visual bermula atau bertumpu pada penglihatan penciptanya. Belum lagi sebuah karya lukis dasarnya harus enak dilihat atau dipandang, walau sepertinya itu bukan keharusan.

Lalu muncul pertanyaan di masyarakat awam. Adakah tuna nerta mempelajari bidang seni lukis, hingga betul-betul mencintai seni lukis? Jawabnya ada, bahkan banyak dan beberapa di antaranya mendunia. Sebut saja Esref Arnagan dari Istambul, Turki; John Bramblitt dari Texas, Amerika, dan Sargy Mann Suffolk, Inggris. (Baca: Di Manakah Tempat Sifat Ikhlas Itu?)

Untuk di Indonesia, ada namanya Pariatmojo, lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 28 Mei 1966. Meski belum begitu terkenal, tapi Pariatmojo mampu menyelesaikan karyanya cukup dengan merasakan melalui mata batinnya, lalu mengingatnya. Membiarkan orang lain yang pertama menikmati dengan mata telanjang, lalu meraba-raba perasaan yang diungkapkannya. Terkadang Pariatmojo juga meminta bantuan menjelaskan setiap karya yang selesai dibuatnya, untuk memastikan kesan yang ditangkap oleh orang yang melihat.

Lukisannya seperti puisi yang menggunakan bahasa visual. Menerjemahkan arti dan bunyi kata-kata tersembunyi ke dalam simbol serta warna yang dipahaminya dapat membebaskan diri dari permasalahan jiwa. Intinya berekspresi, hiburan dan penyembuhan. Selain itu bentuk komunikasi atau memberi kabar kepada siapapun yang ingin mengenal, dan mengetahui keinginannya serta yang dirasakannya.

Bagi alumnus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, jurusan disain ini, keindahan yang dirasakannya justru ketika mewakili perasaannya ke bentuk visual. Apapun yang terjadi saat memutuskan berakhirnya satu lukisan diselesaikan, itulah wujud dari kehendaknya. Ia menjadi abai terhadap apa yang sudah dicurahkannya ke dalam kanvas. Meskipun sejak awal mempertimbangkan warna-warna yang akan digoreskannya. Terlebih dahulu ia membayangkan dan memetakan warna serta bentuk tanda-tanda yang mewakili perasaannya. Pada akhirnya ia sendiri tidak mengetahui persis bagaimana visualnya. (Baca juga: Kampanye Tatap Muka Meningkat, Kampanye Daring Turun)

Pariatmojo memang memiliki pengalaman melukis sewaktu masih dapat melihat. Beberapa kali mengikuti pameran, lukisannya figur-figur naturalis dramatis. Karya-karya disainnya sangat istimewa, banyak diapresiasi untuk project perumahan. Seringkali diminta mengerjakan maket, disain interior rumah. Pariatmojo sesungguhnya disainer interior yang handal.

Sejak ke luar dari kampus 1995, ia hijrah ke Jakarta, bekerja sama dengan kawan-kawannya membuka jasa artwork membuat maket, patung, lukisan, disain interior. Pada 1999, ia kembali ke Solo, mengerjakan beberapa project perumahan di beberapa tempat hingga banyak menyita waktunya. Kurangnya istirahat, lupa makan, intens menggunakan obat tetes mata dan mengonsumsi alkohol, membuat Pariatmojo kehilangan penglihatannya. Kejadiannya sangat singkat, di hari Sabtu persisnya 1 Mer 2009, ia merasakan sakit pada mata, diperiksakan ke dokter, dan besoknya penglihatannya sudah tak berfungsi lagi.

Dari sinilah titik balik Pariatmojo, dari dapat melihat dan pekerja aktif, hingga ia betul-betul mengalami kebutaan total. Tidak bisa berbuat apa-apa. Sedikitpun tidak ada cahaya yang dapat ditangkap matanya. Sangat sulit menerima apa yang seketika dideritanya. Perasaan tidak berguna, merasa bersalah, mudah tersinggung, dan masa lalu yang selalu berkelindan dalam pikiran, sangat mengganggu. Membuat jiwanya guncang. Setahun kemudian pada 2010, ia diputuskan oleh tunangannya. (Baca juga: Gelaran ICTM Dorong Pertumbuhan Ekonomi)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)