Kiat Pangkas Berat Badan Selama Pandemi

Rabu, 11 November 2020 - 07:17 WIB
loading...
Kiat Pangkas Berat Badan Selama Pandemi
Berat badan berlebih dapat mengarah pada penyakit tidak menular seperti jantung, hipertensi, diabetes, dan lain-lain. Foto Ilustrasi/Pinterest
A A A
JAKARTA - Semenjak mobilitas menjadi terbatas, mau tak mau kegiatan kantor, sekolah, ataupun aktivitas lain harus dilakukan di rumah. Hal ini rentan membuat berat badan naik selama pandemi.

Bagaimana tidak, menganggur di rumah membuat orang kerap mengonsumsi makanan berlebih. Coba saja lihat perusahaan makanan ringan seperti Oreo dan Ritz Crackers, keduanya mendulang keuntungan yang tinggi di masa pandemi. Penjualan di Amerika Utara dilaporkan meningkat hingga lebih dari 16%. Ya, penduduk Amerika memang senang menyetok makanan selama pandemi. Tak heran terjadi peningkatan berat badan pada penduduknya.

( )

Sebuah survei yang dilakukan Nutrisystem menemukan bahwa 76% penduduk Amerika, telah mengalami kenaikan berat badan sebanyak 7,25 kilogram antara Maret-Juli 2020. Survei lain yang digodok bulan Agustus lalu oleh RunRepeat, menemukan bahwa 41% dari 10.000 responden di AS naik berat badannya 2,26 kilogram lebih sejak dimulainya karantina di rumah.

Di Indonesia memang tidak ada datanya, akan tetapi gaya hidup kurang aktif (sedentary lifestyle) ditambah lagi hanya berdiam di rumah, sangat mungkin memiliki kecenderungan yang sama dengan di AS. Kita tahu berat badan berlebih bahkan obesitas dapat mengarah pada penyakit tidak menular seperti jantung, hipertensi, diabetes, dan lain-lain.

Jangan panik, lakukan saja diet untuk menurunkan berat badan Anda. Dikatakan Kristin Kirkpatrick, Dietisian dari Cleveland Clinic, saat ini tidak perlu melakukan diet rumit yang mengharuskan Anda belanja kebutuhan makanan diet dan menyiapkannya setiap hari. Hal itu terlalu sulit dan bisa membuat stres.

Kirkpatrick menawarkan pola makan sehat yang mudah diterapkan. Caranya yaitu fokus pada makanan sehat, olahraga teratur, dan istirahat cukup. Tips , seperti dikutip dari laman Webmd berikut ini, bisa diikuti.

1. Mulai dengan Langkah Kecil
Tanyakan kepada diri sendiri, apa yang bisa Anda ubah sekarang? Kalau terlalu sulit mengubah lima hal, pilih saja salah satu untuk dikerjakan. Kebanyakan pasien Kirkpatrick mencoba melakukan puasa intermittent, di mana hanya makan di waktu yang ditetapkan.

2. Buat Masakan Sendiri
Masak sendiri keamanan lebih terjaga. Tidak perlu masak masakan yang ribet. Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah. Seperti dada ayam beku dengan brokoli beku. Kemudian tambahkan nasi merah. Sajian ini bisa untuk makan malam misalnya.

( )

3. Makan Sesuai Jadwal
Kerja di rumah menjadikan Anda bisa mengakses makanan kapanpun dan ini membuat Anda semena-mena mengonsumsi makanan yang ada. Sebaiknya rencanakan kapan Anda minum kopi, makan siang, makan malam, serta menikmati camilan di antaranya.

4. Pilih Baju yang Nyaman
Pilih baju yang nyaman dikenakan setiap hari dan tidak membatasi gerak Anda untuk melakukan latihan ringan atau berjalan keliling komplek perumahan.

5. Rutin Berolahraga
Gunakan waktu lengang Anda untuk berolahraga. Tetapkan dulu setiap kapan Anda mau berolahraga. Setelah itu taati jadwal tersebut dan selalu berkomitmen untuk mematuhinya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)