Ingin Hidup Lebih Lama? Jadilah Orang yang Optimistis

Kamis, 12 November 2020 - 11:51 WIB
loading...
Ingin Hidup Lebih Lama? Jadilah Orang yang Optimistis
Saat hal-hal negatif terjadi, orang-orang yang optimistis cenderung tidak menyalahkan diri mereka sendiri. / Foto: Ilustrasi/Kids News
A A A
JAKARTA - Penelitian terbaru menunjukkan bahwa optimisti membantu hidup lebih lama. Optimisme tidak berarti mengabaikan penyebab stres dalam hidup. Tetapi ketika hal-hal negatif terjadi, orang-orang yang optimistis cenderung tidak menyalahkan diri mereka sendiri dan lebih melihat hambatan tersebut sebagai hal yang sementara atau bahkan positif.

(Baca juga: Luapan Emosi Isyana di Single Terbaru Unlock the Key )

Mereka juga percaya bahwa mereka memiliki kendali atas nasibnya dan dapat menciptakan peluang untuk hal-hal baik terjadi di masa depan. Sebuah penelitian baru menemukan, pria dan wanita dengan tingkat optimisme tertinggi rata-rata memiliki rentang hidup 11-15% lebih lama daripada mereka yang mempraktikkan sedikit pemikiran positif. Orang optimistis dengan skor tertinggi juga memiliki peluang terbesar untuk hidup hingga usia 85 tahun atau lebih.

Hasilnya benar, penelitian tersebut menemukan, bahkan ketika status sosial ekonomi, kondisi kesehatan , depresi, merokok, keterlibatan sosial, pola makan yang buruk dan penggunaan alkohol dipertimbangkan. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

"Ini adalah studi pertama yang melihat dampak optimisme pada umur panjang yang luar biasa, yang didefinisikan sebagai hidup hingga usia 85 atau lebih," kata penulis utama Lewina Lee, yang merupakan asisten profesor psikiatri di Fakultas Kedokteran Universitas Boston, seperti dikutip CNN, Rabu (11/11).

Penelitian tersebut menemukan wanita dengan tingkat optimisme tertinggi memiliki 1,5 lebih besar kemungkinan untuk hidup hingga usia 85 tahun atau lebih, dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat optimisme terendah. Pria yang sangat optimistis memiliki peluang 1,7 lebih besar untuk hidup pada usia tersebut jika lebih pesimis. Sekali lagi, hubungan itu tetap benar bahkan setelah disesuaikan dengan perilaku kesehatan.

"Individu yang optimistis cenderung memiliki tujuan dan kepercayaan diri untuk mencapainya. Sasaran tersebut dapat mencakup kebiasaan sehat yang berkontribusi pada umur yang lebih panjang," paparnya.

Penelitian sebelumnya telah menemukan hubungan langsung antara optimisme dan pola makan yang lebih sehat dan perilaku olahraga, serta kesehatan jantung yang lebih baik, sistem kekebalan yang lebih kuat, fungsi paru-paru yang lebih baik, dan risiko kematian yang lebih rendah.

(Baca juga: Ini Makna Tersembunyi dari Judul Debut Album Solo Kai EXO )

"Optimisme adalah salah satu dimensi psikologis penting yang muncul karena menunjukkan beberapa asosiasi yang sangat menarik dengan kesehatan. Atribut positif lainnya, seperti perhatian, kasih sayang, kebaikan, dan memiliki tujuan hidup yang kuat," papar ahli saraf Richard Davidson, profesor psikiatri di Universitas Wisconsin-Madison dan pendiri dan direktur Center for Healthy Minds.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5064 seconds (0.1#10.140)