Waspada, Perubahan Kulit Bisa Jadi Tanda Anda Menderita Diabetes

Jum'at, 13 November 2020 - 16:03 WIB
loading...
Waspada, Perubahan Kulit Bisa Jadi Tanda Anda Menderita Diabetes
Diabetes adalah penyakit kronis yang dapat menjalar ke beberapa masalah kesehatan lainnya. Diabetes dapat memengaruhi banyak bagian tubuh, termasuk kulit Anda. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Berdasarkan data Federasi Diabetes Internasional, sekitar 42,5 juta orang menderita diabetes. Jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat menjadi 62,9 persen pada 2045. Tentu membuat penyakit ini menjadi masalah yang memprihatinkan.

Diabetes adalah penyakit kronis yang dapat menjalar ke beberapa masalah kesehatan lainnya. Diabetes dapat memengaruhi banyak bagian tubuh, termasuk kulit Anda. (Baca juga: Minuman Kekinian Berisiko Diabetes )

Ketika diabetes memengaruhi kulit Anda, itu adalah tanda bahwa Anda memiliki risiko diabetes yang tidak terdiagnosis atau perlu cek kesehatan segera. Berikut adalah beberapa tanda perubahan kulit yang menunjukkan Anda perlu menjalani tes gula darah seperti dilansir Times of India.

1. Bercak kuning, merah atau coklat pada kulit
Kondisi kulit tersebut disebut necrobiosis lipoidica dan dimulai sebagai benjolan padat yang terlihat seperti jerawat. Saat berkembang menjadi banyak, benjolan ini berubah menjadi bercak kulit yang keras dan bengkak berwarna kemerahan, kuning atau coklat. Perubahan kulit tersebut bisa membuat pembuluh darah dan terasa gatal dan nyeri. Jika Anda melihat bercak seperti itu, segera periksalah gula darah Anda.

2. Bercak kulit lebih gelap yang terasa seperti beludru
Bercak gelap dan seperti beludru jika terlihat di leher, ketiak, selangkangan atau tempat lain dapat menunjukkan bahwa Anda memiliki terlalu banyak insulin dalam darah Anda. Bercak ini adalah tanda pradiabetes. Nama medis untuk kondisi ini adalah acanthosis nigricans dan Anda perlu segera memeriksa kondisi gula darah Anda.

3. Terasa Melepuh
Meskipun tidak terlalu umum dalam beberapa kasus, penderita diabetes dapat melihat lepuh muncul di kulit mereka. Lepuh ini biasanya muncul di tangan, kaki, dan lengan bawah dan terlihat seperti lepuh yang muncul setelah luka bakar serius. Berbeda dengan lepuh yang disebabkan oleh luka bakar, lepuh ini tidak terasa nyeri. (Baca juga: Rossa Menolak Disebut Gantikan BCL di Indonesian Idol Special Season )

4. Bekas luka menjadi lama untuk sembuh
Kadar gula darah yang tinggi dalam waktu lama dapat menyebabkan sirkulasi darah yang buruk dan kerusakan saraf. Sirkulasi darah yang buruk dan saraf yang rusak dapat membuat tubuh Anda sulit untuk menyembuhkan luka dan biasanya berlaku untuk kaki.

5. Kulit sangat kering dan gatal
Orang yang menderita diabetes kemungkinan besar memiliki kulit yang kering dan gatal. Sirkulasi darah yang buruk akibat diabetes dapat menyebabkan kulit kering dan gatal. Jika kulit Anda terasa sangat kering dan tidak ada losion yang mampu melawannya, inilah saatnya untuk membicarakannya dengan dokter.

6. Bercak kuning bersisik di sekitar kelopak mata
Kadar lemak yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan bercak kuning bersisik di sekitar mata. Hal ini juga bisa menjadi tanda bahwa Anda menderita diabetes yang tidak terkontrol yang disebut xanthelasma.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)