Cocok Temani Waktu di Rumah Aja, Begini Resep Bikin Carang Mas

Jum'at, 13 November 2020 - 15:35 WIB
loading...
Cocok Temani Waktu di Rumah Aja, Begini Resep Bikin Carang Mas
Carang mas merupakan camilan jadul yang memiliki tekstur crunchy, dan kelezatannya tidak kalah dengan camilan modern saat ini. / Foto: Ilustrasi/YouTube
A A A
JAKARTA - Bunda mencari camilan untuk teman belajar dan bekarja di rumah? Buat saja carang mas. Carang mas merupakan camilan jadul yang memiliki tekstur crunchy. Cemilan ini tidak kalah lezat dengan camilan modern saat ini.

(Baca juga: Resep Bakso Lohoa, Nikmat Disantap Bersama Keluarga )

Memiliki rasa manis dan garing, siapa saja bakal menyukai carang mas termasuk si kecil. Tertarik untuk membuatnya? Berikut resep membuat carang mas dikutip dari Instagram @vhe.veronicaa, Kamis (12/11).

Bahan-bahan:
1 kg ubi jalar atau ubi kuning
15 sdm gula pasir
800 ml minyak goreng
1 sdm garam
Air secukupnya

(Mencari inspirasi untuk memasak hari ini? Kunjungi Resep Masakan SINDOnews )

Cara membuat:
1. Kupas kulit ubi, bersihkan lalu parut memanjang. Rendam parutan ubi dengan air garam selama 15-30 menit agar tidak menghitam dan memiliki rasa gurih. Tiriskan sampe benar-benar kering.

2. Panaskan 500 ml minyak. Setelah panas masukan 3 sdm gula pasir lalu diaduk sampe gula meleleh dan berwarna coklat. Masukan 2 genggam ubi, aduk rata sambil menggunakan api kecil.

3. Setelah ubi terasa kering siap diangkat, segera cetak karena karamelnya akan cepat mengeras. Digorengan kedua tanpa mengganti minyak, kembali masukan 3 sdm gula dan setelah meleleh masukan 2 genggam ubi.

(Baca juga: Bingung Makan Apa Siang Ini? Bikin Aja Ikan Pindang Asam Padeh )

4. Ulangi tahap tersebut sampai ubi habis. Jika dirasa minyak sudah sisa sedikit bisa tambahkan sisa minyak yang tadi. Carang mas yang sudah dicetak disisihkan dan didinginkan. Carang mas siap disajikan atau bisa juga disimpan ditoples yang kedap udara.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)