Bunda, Begini Cara Mengatasi Makanan yang Menempel di Wajan

Sabtu, 14 November 2020 - 10:03 WIB
loading...
Bunda, Begini Cara Mengatasi Makanan yang Menempel di Wajan
Salah satu masalah yang kerap dirasakan banyak orang adalah makanan yang menempel di dasar wajan. Hal ini merusak rasa dan aroma makanan, juga merusak lapisan panci. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Memasak adalah pekerjaan yang sangat teliti dan harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Kesalahan perhitungan sekecil apapun dapat menyebabkan makanan menjadi terlalu matang, gosong, atau bahkan kurang matang.

Salah satu masalah yang kerap dirasakan banyak orang adalah makanan yang menempel di dasar wajan. Tidak hanya membakar dan merusak rasa dan aroma makanan, tetapi Anda akan membuang makanan yang menempel di wajan. selain itu, juga merusak lapisan panci. (Baca juga: Tahu Makanan Terbaik Usai Berolahraga? Yogurt hingga Salmon )

Jika Anda juga mengalami stres karena hal tersebut, seperti dilansir Times of India, berikut beberapa tips mudah mengatasi makanan yang menempel di wajan.

1. Mengoles
Mengolesi wajan dengan baik tidak selalu berarti Anda perlu menambahkan minyak atau ghee dalam jumlah besar. Cukup 1-2 sdm saja, tergantung pada jumlah makanan yang Anda masak.

Tuangkan minyak dan oleskan dengan benar untuk menambahkan sisi. Anda juga bisa menggunakan sikat silikon untuk melumasi pot dengan benar. Pada dasarnya, glazing dilakukan untuk memastikan semua sisi terlapisi minyak, sehingga tidak ada sudut untuk makanan menempel di panci.

2. Menambahkan air
Hidangan berbahan dasar air memiliki manfaat paling besar dalam hal memasak. Anda dapat dengan mudah menambahkan air ke dalamnya segera setelah Anda selesai dengan 'chaunk'. Anda juga bisa menambahkan beberapa sendok teh air ke dalam piring yang tidak berbahan dasar air agar tidak lengket.

3. Hidangan berbahan tomat
Selain air, trik ini akan berguna terutama untuk hidangan berbahan dasar non-air. Banyak masakan India, baik itu sayuran atau kari, memasukkan tomat sebagai bahan penting. Alih-alih menggunakan tomat cincang, pilih pure tomat karena akan mencegah bahan kering lainnya menempel di dasar wajan. (Baca juga: Jangan Terlalu Matang, Begini Cara Memasak Fillet Salmon untuk Sushi )

4. Pemanasan awal
Baik wajan maupun minyak perlu dipanaskan terlebih dahulu agar makanan tidak menempel di dasar wajan. Pertama panaskan wajan, lalu tambahkan minyak ke dalamnya dan panaskan dengan baik. Wajan yang dipanaskan dan diolesi minyak dengan benar akan memasak makanan dengan benar tanpa membiarkannya menempel ke permukaan. Lapisan minyak yang panas berfungsi sebagai penghalang dan memasak makanan dengan cepat tanpa menimbulkan masalah lengket.

5. Terus aduk
Trik lain yang sangat mendasar namun efektif adalah mengaduk terus menerus. Pastikan Anda selalu menggunakan sendok kayu alih-alih sendok logam. Sendok logam pada panci logam atau non-lengket menyebabkan pengikisan yang selanjutnya membuat permukaan bawah terkikis. Terus aduk dengan interval, karena akan mencegah makanan mengendap di dasar.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)