Tahu Makanan Terbaik Usai Berolahraga? Yogurt hingga Salmon

Jum'at, 13 November 2020 - 19:40 WIB
loading...
Tahu Makanan Terbaik Usai Berolahraga? Yogurt hingga Salmon
Makanan bergizi setelah sesi olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tapi, tahukan Anda makanan yang tepat usai berolahraga? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Makanan bergizi setelah sesi olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika Anda memang bertujuan untuk membuat tubuh tetap bugar, selain memperbanyak porsi olahraga, yang perlu diperhatikan adalah asupan makan setelahnya, karena dirasa sangat penting.

Mengapa Penting memperhatikan asupan makan setelah sesi olahraga? Saat berolahraga, tubuh kita menggunakan simpanan glikogen di otot sebagai bahan bakar untuk berolahraga dan hal tersebut menyebabkan otot glikogen menjadi terkuras. (Baca juga: Waspada, Perubahan Kulit Bisa Jadi Tanda Anda Menderita Diabetes )

Selain itu, bisa jadi bahwa olahraga yang anda lakukan Ada menyebabkan protein di otot-otot tubuh Anda mengalami kerusakan.

Anda tidak boleh sembarangan makan setelah melakukan olahraga, ada beberapa asupan bergizi yang bisa anda konsumsi. Seperti dilansir Boldsky, berikut asupan yang penting dikonsumsi setelah Anda berolahraga.

1.Yogurt
Yoghurt dikenal memiliki dua kali lipat jumlah protein dan karbohidrat, untuk menerima manfaatnya, anda dapat mencampurkan yoghurt dengan sereal dan buah-buahan, karena buah-buahan banyak mengandung nutrisi mikro yang terbukti dapat melawan nyeri otot.

2. Buah-buahan
Buah-buahan dikenal memiliki kandungan karbohidrat sehat dan mudah dicerna dan membantu tubuh untuk memecah nutrisi, buah-buahan juga merupakan tambahan penting untuk makanan pasca ilahraga. Buah-buahan seperti nanas diyakini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu pemulihan otot.

3. Telur
Telur merupakan makanan penting yang bisa anda makan setelah olahraga, telur adalah makanan sempurna karena mengandung protein tinggi dan juga merupakan sumber nutrisi lainnya, yang dapat membantu tubuh Anda memperbaiki diri setelah olahraga yang intens. Anda bisa mengonsumsinya dengan berbagai cara seperti direbus atau dibuat omlette.

4. Ubi Jalar
Ubi jalar sangat baik dikonsumsi karena diyakini menyediakan karbohidrat yang tepat setelah olahraga yang intens. Selain itu, uni jalar juga mengandung serat yang sehat sehingga membuat Anda kenyang dalam periode yang lebih lama.

5. Kacang
Makan segenggam kacang merupakan pilihan terbaik untuk menggantikan kadar glikogen yang berkurang di otot. Kacang juga dikenal dapat membantu memaksimalkan tingkat energi Anda sehingga meningkatkan sintesis otot. Kacang seperti almond bisa menjadi pilihan anda.

6. Brokoli
Sayuran hijau ini kaya akan vitamin K dan kolin yaitubmakronutrien yang sangat penting untuk berfungsinya organ tubuh kita seperti hati, otak, dan lainnya. Brokoli juga dapat meningkatkan energi setelah berolahraga. (Baca juga: Klarifikasi Video Syur Mirip Artis, Gisel: Itu Cewek Badannya Mulus Banget )

7. Salmon
Salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan otot yang menyebabkan nyeri setelah berolahraga. Anda dapat menambahkan minyak zaitun ke salmon untuk meningkatkan dosis lemak sehat.

8. Susu Cokelat
Susu Cokelat merupakan Minuman yang mengandung karbohidrat dan protein yang sangat dibutuhkan untuk memulihkan otot. Kandungan air dalam susu cokelat juga dapat menggantikan cairan yang hilang seperti keringat dan susu yang mengandung kalsium yang membantu tubuh kembali bugar.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2670 seconds (0.1#10.140)