Komedo Membandel, Hilangkan dengan Bahan yang ada di Rumah

Sabtu, 14 November 2020 - 08:00 WIB
loading...
Komedo Membandel, Hilangkan dengan Bahan yang ada di Rumah
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - Komedo memang rumit. Tidak peduli seberapa baik merawat kulit, komedo terkadang muncul begitu saja. Jika berencana menghilangkan komedo, menggunakan bahan bahan di rumah ternyata bisa dapat membantu.

Ada banyak jenis jerawat dan tidak semuanya dapat merespons perawatan rumahan dengan baik, kata Alexander Dane, DO, dari Affiliated Dermatologists & Dermatologic Surgeons, PA di New Jersey. Namun, berbeda halnya dengan komedo.

Baca juga : Jejak Perdana Keindahan Destinasi Wisata Tasikmalaya

“Untuk jerawat yang utamanya komedo, ada beberapa pengobatan rumahan yang sangat bagus yang dapat membantu mengurangi pori-pori yang tersumbat,” kata Dane.

Berikut adalah pengobatan rumahan yang terbukti dapat membantu mengurangi komedo, dari masker wajah alami hingga tips cara menghilangkan komedo di hidung dilansir dari Redear's Digest,yakni :

1. Soda kue

Soda kue adalah bahan dapur yang umum sehingga Anda tidak menyadari dapat menghilangkan komedo dengan bahan ini. Dane menjelaskan, soda kue membantu menetralkan ketidakseimbangan pH, serta bekerja sebagai pengelupas untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati. Campurkan 2 sdm soda kue dan 2 sdm air untuk membentuk pasta. Pijat pasta ke wajah, bilas dengan air hangat, dan kemudian pastikan untuk melembapkan sesudahnya. Campuran ini bisa mengeringkan kulit, jadi jangan gunakan lebih dari dua atau tiga hari seminggu.

2. Gula merah, madu dan lemon

Gula merah, madu, dan jus lemon merupakan campuran eksfoliasi atau pengelupasan kulit yang dapat digunakan pada komedo di hidung dan dagu. Dane merekomendasikan untuk mencampurkan 1 sdm gula merah, 2 sdm lemon, dan 1 sdm madu mentah. Setelah tercampur rata, aplikasikan ke wajah dengan gerakan melingkar, pijat selama lima menit sebelum dibilas dan gunakan pelembab.

3. Minyak pohon teh

Pakar kecantikan mengatakan bisa mengoleskan minyak pohon teh langsung ke area komedo di dagu dan hidung. Minyak jenis ini bekerja dengan membunuh bakteri. Minyak pohon teh tersedia dalam sejumlah produk, seperti sabun dan krim, atau tersedia sebagai minyak esensial.

4. Kunyit kasturi

Kunyit dapat digunakan untuk membantu menghilangkan komedo karena sifat antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi. Dane mengungkapkan, penting untuk diperhatikan bahwa kunyit biasa bisa menodai kulit, tapi tidak untuk kunyit kasturi. Caranya, ambil 1 sdm kunyit kasturi dan campur dengan 1 sdm air atau minyak kelapa hingga membentuk pasta, oleskan pasta ke wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas.

5. Lulur minyak kelapa dan gula

Meskipun komedo di dagu dan di sekitar mulut sering terjadi, komedo juga dapat muncul di tubuh. Whitney Bowe, MD, seorang dokter kulit di New York City menyarankan mengelupas kulit untuk menghilangkan sel kulit mati yang dapat membantu. Dia merekomendasikan untuk mencampur minyak kelapa dan gula untuk membuat lulur.

Baca juga : Ini Tolok Ukur Makanan dan Minuman Pemicu Diabetes

6. Teh hijau

Teh hijau dapat membantu menurunkan produksi minyak kulit dan bekerja sebagai antioksidan yang hebat. Campurkan 1 sdt daun teh hijau kering dengan 1 sdt air dan pijatkan ke area yang berkomedo selama tiga menit. Setelah itu, bilas dan oleskan pelembab. Perawatan ini bisa dilakukan dua atau tiga hari dalam seminggu.

7. Putih telur

Menggunakan masker wajah alami untuk komedo merupakan cara mudah untuk mengurangi komedo. Yang dibutuhkan hanya putih telur dan tisu. Pertama, kocok satu putih telur dan oleskan ke kulit yang sudah bersih. Kemudian lapisi tisu di wajah Anda (bukan di mata atau mulut) dan oleskan putih telur. Biarkan masker mengering selama sekitar 20 menit lalu lepaskan.
(sal)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2685 seconds (10.101#12.26)