Kuliner Unik Batam, Mi Lendir hingga Putu Miring

Senin, 16 November 2020 - 08:36 WIB
loading...
A A A
Bingka, atau biasa dikenal dengan sebutan bika, adalah kue manis khas Melayu yang menjadi salah satu hidangan khas Batam. Seperti namanya, bingka bakar dimasak dengan cara dipanggang dan memiliki bentuk bunga mekar. Saat menikmati bingka bakar, Anda dapat mencium aroma daun pandan yang sebelumnya telah dicampur ke dalam adonan kue.

Meski begitu, kini tersedia pula berbagai varian rasa lain seperti keju, cokelat, dan wijen. Memiliki tekstur lembut dan cita rasa manis, bingka bakar bisa menjadi camilan yang lezat atau oleh-oleh saat berkunjung ke Batam.

4. Luti Gendang

Kuliner Unik Batam, Mi Lendir hingga Putu Miring


Luti gendang merupakan roti lezat yang dibuat dari olahan tepung terigu dan dilengkapi dengan berbagai komponen isian seperti ikan tongkol, ayam, dan bumbu pelengkap. Istilah "luti" sendiri berasal dari dialek masyarakat Tionghoa yang kerap menyebutkan "roti" sebagai "luti". Sementara itu, kata "gendang" berasal dari bahasa Tarempa yang artinya digoreng.

Roti satu ini cocok dinikmati bersama kopi atau teh saat pagi dan sore hari. Selain itu, Anda juga dapat menjadikan camilan ini sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman-teman.

5. Bilis Molen

Kuliner Unik Batam, Mi Lendir hingga Putu Miring


Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan pisang molen bukan? Di Batam ada kreasi molen yang unik dan berbeda, yaitu molen berisi ikan teri. Dengan rasa gurih dan manis, molen ini mempunyai tekstur yang crispy. Bilis molen biasanya dibuat dalam ukuran sebesar jempol atau seperti molen mini pada umumnya. Camilan satu ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk menemani waktu santai bersama kopi atau teh. Bahkan, bisa dijadikan lauk pendamping nasi juga.

( )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)