Usai Terkena Pilek, Lindungi Diri dari Serangan Covid-19

Rabu, 18 November 2020 - 13:31 WIB
loading...
Usai Terkena Pilek, Lindungi Diri dari Serangan Covid-19
Setelah terserang pilek, beberapa orang mengembangkan antibodi yang juga melindungi mereka dari Covid-19. / Foto: Ilustrasi/Pediatrix
A A A
JAKARTA - Sebuah studi baru yang terbit dalam jurnal Science menyebutkan bahwa setelah terserang pilek , beberapa orang mengembangkan antibodi yang juga melindungi mereka dari Covid-19. Anak-anak, khususnya, mendapat manfaat dari antibodi ini.

(Baca juga: Tidur Nyenyak Bisa Membantu Cegah Gagal Jantung )

"Anak-anak jauh lebih mungkin memiliki antibodi reaktif silang ini daripada orang dewasa," kata Kevin Ng, seorang kandidat PhD, penulis utama studi dan peneliti di Francis Crick Institute University College London seperti dikutip WebMD, Selasa (17/11).

Peneliti menyimpulkan, beberapa jenis virus corona yang berbeda menyebabkan pilek, jadi masuk akal jika antibodi dari satu jenis dapat membantu tubuh mengenali virus corona yang menyebabkan Covid-19 .

Tim peneliti menemukan korelasi tersebut saat mengembangkan tes baru yang lebih sensitif untuk menyaring antibodi Covid-19 pada orang yang telah terinfeksi. Saat memeriksa hasil tes mereka, para peneliti menemukan bahwa beberapa orang sudah memiliki protein antibodi yang bereaksi terhadap Covid-19, meskipun mereka belum tertular.

Dalam analisis yang lebih mendalam terhadap 300 sampel darah yang dikumpulkan sebelum pandemi dari 2011-2018, mereka menemukan bahwa hampir semua orang memiliki antibodi pilek. Selain itu, sekitar 5% dari sampel orang dewasa memiliki antibodi yang dapat mengenali Covid-19, dan 7% baru-baru ini terserang flu dengan antibodi serupa.

Khususnya, hampir setengah dari anak-anak hingga remaja berusia 6-16 tahun memiliki antibodi yang dapat mengenali Covid-19. "Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami mengapa ini terjadi, tetapi itu bisa terjadi pada anak-anak yang lebih teratur terpapar virus corona lain seperti pilek," jelas Ng.

Antibodi pilek juga dapat menjelaskan mengapa anak-anak cenderung tidak mengembangkan Covid-19 yang parah. Namun, para peneliti tidak dapat memastikan apakah antibodi ini mencegah Covid-19, mengurangi penularan virus, atau mengurangi keparahan penyakit.

"Ini menarik, karena memahami dasar dari kegiatan ini dapat mengarah pada vaksin yang bekerja melawan berbagai virus corona, termasuk jenis pilek, serta SARS-CoV-2 dan jenis pandemi di masa depan," ujar George Kassiotis, senior penulis studi.

Namun, orang yang baru saja pilek tetap harus berhati-hati tertular Covid-19, tambahnya. Dengan lebih dari 52 juta kasus Covid-19 di seluruh dunia, banyak orang tampaknya tidak memiliki antibodi yang sudah ada sebelumnya yang dapat melawan virus.

(Baca juga: Waspadai Gejala Kanker Lambung yang Mirip Maag )

"Orang yang baru saja pilek tidak seharusnya berpikir bahwa mereka kebal terhadap Covid-19," kata dia.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)