Kayu Manis Disebut Mampu Turunkan Risiko Alzheimer dan Penyakit Jantung

Rabu, 18 November 2020 - 14:34 WIB
loading...
Kayu Manis Disebut Mampu Turunkan Risiko Alzheimer dan Penyakit Jantung
Menambahkan lebih banyak kayu manis ke dalam makanan bisa menurunkan risiko alzheimer dan penyakit jantung untuk meningkatkan umur panjang. / Foto: Ilustrasi/Medical News Today
A A A
JAKARTA - Pakar kesehatan menyebutkan, menambahkan lebih banyak kayu manis ke dalam makanan bisa menurunkan risiko alzheimer dan penyakit jantung untuk meningkatkan umur panjang. Sejumlah penelitian telah membandingkan bumbu yang kuat dengan kayu manis yang mengungguli super food seperti bawang putih dan oregano.

(Baca juga: Tidur Nyenyak Bisa Membantu Cegah Gagal Jantung )

Dari pengendalian diabetes hingga melindungi kesehatan jantung , kayu manis bisa menjadi obat untuk membantu meningkatkan umur panjang. Kayu manis telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, penyebab kematian dini paling umum di dunia.

Seperti dilansir Daily Express, kayu manis membantu mengurangi kadar kolesterol total, kolesterol LDL atau jahat dan trigliserida, sementara kolesterol HDL atau baik tetap stabil. Kayu manis juga terbukti membantu mereka yang menderita tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko kondisi terkait usia termasuk penyakit alzheimer.

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang terdaftar, tidak heran para ahli memuji rempah-rempah ini sebagai obat yang ampuh untuk meningkatkan umur panjang. Dalam studi yang dipublikasikan di US National Library of Medicine National Institutes of Health, ekstrak kayu manis dalam membantu mengurangi penyakit alzheimer diteliti.

Ekstrak air kayu manis Ceylon (C. zeylanicum) ditemukan untuk menghambat agregasi tau dan pembentukan filamen, ciri khas penyakit alzheimer (AD). Sebuah molekul trimer proanthocyanin terkait-A dimurnikan dari ekstrak dan terbukti mengandung proporsi yang signifikan dari aktivitas penghambatan.

Pengobatan dengan polivinilpirolidon secara efektif menghabiskan semua proanthocyanin dari larutan ekstrak dan menghilangkan sebagian besar, tetapi tidak semua, aktivitas penghambatan. Sisa aktivitas penghambatan dapat dikaitkan dengan cinnamaldehyde.

Penelitian ini menunjukkan bahwa senyawa endogen untuk kayu manis bermanfaat untuk AD itu sendiri atau dapat memandu penemuan terapi potensial lainnya jika mekanisme kerjanya dapat dilihat.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care pada 2003 menunjukkan bahwa kayu manis cassia (kulit kayu manis) meningkatkan glukosa darah dan kadar kolesterol pada penderita diabetes tipe 2 dan dapat mengurangi faktor risiko yang terkait dengan diabetes dan penyakit kardiovaskular.

"Asupan harian hanya satu, tiga, atau enam gram terbukti mengurangi glukosa serum, trigliserida, LDL atau kolesterol jahat dan kolesterol total setelah 40 hari di antara 60 penderita diabetes paruh baya," tulis Diabetes.co.uk.

(Baca juga: Baru Dirilis, Video Klip Black Mamba Milik Aespa Langsung Trending di Youtube )

Studi lain yang dilaporkan dalam Majalah Riset Pertanian edisi Juli 2000 menemukan bahwa mengonsumsi hanya satu gram kayu manis per hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengelola atau membalikkan diabetes tipe 2.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2450 seconds (0.1#10.140)