5 Manfaat Clay Mask untuk Kulit dan Rambut

Rabu, 18 November 2020 - 17:28 WIB
loading...
5 Manfaat Clay Mask untuk Kulit dan Rambut
Beberapa penelitian menemukan bahwa masker tanah liat efektif memberikan manfaat untuk kulit dan rambut. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Clay mask atau masker tanah liat memiliki beberapa manfaat seperti menyerap minyak berlebih, membantu mengatasi kulit kering, dan mencegah timbulnya jerawat.

Beberapa penelitian menemukan bahwa masker ini efektif memberikan manfaat untuk kulit dan rambut. Bahkan, hal itu terbukti sejak dulu di mana tanah liat sudah digunakan selama beradab-abad untuk meningkatkan kesehatan kulit serta rambut.

( )

Hanya, idealnya clay mask digunakan tidak lebih dari dua kali per minggu untuk mencegah efek samping seperti kering, rasa gatal, kemerahan, dan ruam. Berikut manfaat potensial clay mask yang harus Anda ketahui, seperti dilansir dari laman Healthline, Rabu (18/11).

1. Mencegah Jerawat
Clay mask berpotensi menyerap minyak dari kulit dan mencegah jerawat ringan, seperti jerawat klasik dan komedo. Jenis jerawat ini terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh kotoran serta minyak yang berlebihan.

2. Membuka Pori-Pori dan Merawat Kulit Berminyak
Menggunakan clay mask dua kali seminggu dapat membantu mengatasi minyak berlebih dari pori-pori. Banyak orang mengklaim tanah liat hijau adalah yang terbaik untuk mengeringkan kulit.

3. Mengobati Dermatitis, Psoriasis, Eksim, dan Rosacea
Menurut studi pada 2017, lotion yang mengandung sejenis lempung bentonit yang disebut quaternium-18 bentonite berpotensi mengurangi gejala dermatitis yang disebabkan oleh poison ivy dan poison oak.

4. Mempertahankan Kelembaban
Menurut sebuah studi tahun 2016, ketika tanah liat mengeras, ia menciptakan lapisan yang dapat membantu kulit mempertahankan kelembaban.

( )

5. Meningkatkan Kesehatan Rambut
Beberapa orang berpendapat bahwa tanah liat dapat mengeluarkan kotoran dan minyak dari kulit kepala untuk meningkatkan kesehatan rambut . Masker tanah liat dapat membantu mengatasi ketombe, rambut kering dan rusak, keriting, serta kerusakan panas.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3013 seconds (0.1#10.140)