Mencicipi Lembut dan Manisnya Bolu Kemojo, Khas Riau

loading...
Mencicipi Lembut dan Manisnya Bolu Kemojo, Khas Riau
Bolu Kemojo. Foto/craftlog
JAKARTA - Bolu kemojo merupakan jajanan khas Riau. Bolu berwarna hijau ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang lumer di mulut. Jajanan ini bisa dimakan kapan saja. Baik sebagai camilan di sore hari bersama teh hangat atau malam hari, hingga sajian saat pesta pernikahan.

Karenanya, bolu kemojo salah satu oleh-oleh yang wajib Anda cicipi saat mengunjungi Riau. Namun, membuat sendiri di rumah juga bisa. Tidak perlu jauh-jauh ke Riau, bolu kemojo bisa dibuat dengan mudah di rumah. Tertarik untuk mencobanya? Berikut resep membuat bolu kemojo dikutip dari Endeustv, Kamis (19/11).

Baca juga : Ada Settingan di MasterChef? Chef Juna: "Kalau Ada Setingan Pasti Nggak Ada Saya Disitu"

Bahan-bahan :



400 ml santan sedang
50 ml air pandan suji
50 g margarin
¼ sdt garam
125 g gula pasir
3 butir telur
250 g tepung terigu serbaguna, ayak
1½ sdm wijen putih

Cara membuatnya :

Rebus santan, air pandan suji, margarin dan garam dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Angkat, sisihkan hingga dingin. Kocok gula pasir dan telur hingga gula larut, tambahkan tepung terigu, aduk rata.



Masukkan cairan santan sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Siapkan loyang persegi ukuran 20 x 20 x 5 cm yang dialasi baking paper. Kemudian panaskan dengan suhu 180⁰ C selama 10 menit.

Baca juga : 4 TV MNCN Rajai 45,7% Pemirsa Prime Time, Saham Grup MNC Meroket! Ikatan Cinta, Masterchef Indonesia & Indonesian Idol jadi Idola

Keluarkan loyang dari oven, tuang adonan bolu, taburi wijen. Lalu oven kembali dengan suhu yang sama selama 45-60 menit hingga matang. Keluarkan dari oven, diamkan selama 20 menit, setelah dingin, sajikan.
(wur)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top