Jaga Kesehatan Paru-Paru Anda dengan Enam Makanan Berikut Ini

loading...
Jaga Kesehatan Paru-Paru Anda dengan Enam Makanan Berikut Ini
Buah apel menjadi salah satu makanan terbaik agar paru-paru tetap sehat. / Foto: Ilustrasi/The Healthy
A+ A-
JAKARTA - Paru-paru merupakan organ yang sangat vital dan berfungsi untuk mengatur jalannya oksigen di dalam tubuh. Namun, saat ini paru-paru seperti dalam ancaman. Dengan meningkatnya polusi udara dan populasi orang yang merokok, penyakit yang berhubungan dengan paru-paru semakin meningkat juga seperti asma, cystic fibrosis, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), semuanya bertambah angkanya secara drastis.

(Baca juga: Lima Makanan yang Terbukti Sangat Bermanfaat bagi Diabetesi)

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun.

Perlu diketahui, terlalu banyak paparan polusi udara dapat menyebabkan adanya lendir yang berkumpul di paru-paru dan menangkap patogenserta mikroba, sehingga membuat dada Anda terasa penuh dan sesak.



Meskipun begitu, tidak perlu panik, karena terdapat makanan jenis tertentu yang dapat melindungi paru-paru Anda dari polusi berbahaya. Dan berikut adalah makanan terbaik untuk paru-paru agar tetap sehat sebagaimana dilansir laman Boldsky.

1. Apel

Buah apel mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang dikenal dapat mengurangi peradangan di lorong udara dalam paru-paru.



2. Teh hijau
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top