Jaga Kesehatan Paru-Paru Anda dengan Enam Makanan Berikut Ini

Jum'at, 20 November 2020 - 03:13 WIB
loading...
Jaga Kesehatan Paru-Paru Anda dengan Enam Makanan Berikut Ini
Buah apel menjadi salah satu makanan terbaik agar paru-paru tetap sehat. / Foto: Ilustrasi/The Healthy
A A A
JAKARTA - Paru-paru merupakan organ yang sangat vital dan berfungsi untuk mengatur jalannya oksigen di dalam tubuh. Namun, saat ini paru-paru seperti dalam ancaman. Dengan meningkatnya polusi udara dan populasi orang yang merokok, penyakit yang berhubungan dengan paru-paru semakin meningkat juga seperti asma, cystic fibrosis, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), semuanya bertambah angkanya secara drastis.

(Baca juga: Lima Makanan yang Terbukti Sangat Bermanfaat bagi Diabetesi )

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun.

Perlu diketahui, terlalu banyak paparan polusi udara dapat menyebabkan adanya lendir yang berkumpul di paru-paru dan menangkap patogenserta mikroba, sehingga membuat dada Anda terasa penuh dan sesak.

Meskipun begitu, tidak perlu panik, karena terdapat makanan jenis tertentu yang dapat melindungi paru-paru Anda dari polusi berbahaya. Dan berikut adalah makanan terbaik untuk paru-paru agar tetap sehat sebagaimana dilansir laman Boldsky.

1. Apel

Buah apel mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang dikenal dapat mengurangi peradangan di lorong udara dalam paru-paru.

2. Teh hijau

Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan di paru-paru dan meningkatkan penyembuhannya. Kandungan antioksidan tersebut berperan sebagai antihistamin alami yang dapat memperlambat pelepasan histamin yang dikenal menyebabkan gejala alergi pada tubuh.

3. Ikan

Mengonsumsi ikan seperti makarel atau sarden, ternyata mampu membantu mengobati penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Menurut penelitian, kandungan asam lemak omega 3 yang ditemukan pada ikan dapat membantu tubuh memerangi penyakit yang menyerang paru-paru.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan super untuk paru-paru. Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, kacang kenari, hazelnut dan biji-bijian seperti biji labu, biji rami, dan biji bunga matahari dapat memberi tubuh Anda banyak magnesium.

5. Brokoli

Sayuran ini dikenal mengandung senyawa yang disebut sulforaphane, yang dapat meningkatkan aktivitas gen dalam sel paru-paru sehingga melindungi organ dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

(Baca juga: Pengguna Rokok Elektrik Cenderung Lebih Rentan terhadap Virus Pernapasan )

6. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan flavonoid yang merangsang tubuh untuk memproduksi glutathione yang membantu menghilangkan racun dan karsinogen sehingga dapat membantu paru-paru berfungsi lebih baik.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3820 seconds (0.1#10.140)