Anak Belajar Berpuasa, Asupan Gizi Tetap Harus Terpenuhi

Senin, 11 Mei 2020 - 14:45 WIB
loading...
Anak Belajar Berpuasa, Asupan Gizi Tetap Harus Terpenuhi
Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Seorang anak masih perlu tumbuh dan berkembang sehingga harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup meski berpuasa Ramadhan. Hal ini ditegaskan oleh Cut Nurul Hafifah, Sp.A (K) Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi Metabolik RS Pondok Indah – Pondok Indah.

Bagi anak yang sedang berpuasa, dr. Cut mengatakan agar orangtua memastikan anak mendapat makanan bergizi saat sahur maupun berbuka puasa. "Yaitu makanan yang mengandung makronutrien (makanan utama) dan mikronutrien (makanan yang mengandung vitamin dan mineral) yang dibutuhkan oleh tubuh," kata dr. Cut.

Orang tua juga dapat memberikan makanan yang mengenyangkan pada saat sahur yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan lemak. Sebaliknya, hindari memberikan anak makanan yang mengandung gula sederhana, seperti makanan ringan yang manis. Orangtua dapat memberikan susu yang merupakan sumber zat gizi yang lengkap untuk anak pada saat sahur dan berbuka.

Jangan lupa semangati mereka dan ucapkan kata-kata pujian ketika mereka sedang berpuasa dan berhasil menahan lapar dan haus. Namun dr. Cut mengingatkan agar orangtua mengawasi tanda bahaya dehidrasi dan hipoglikemia pada anak. Segera sudahi berpuasa bila anak tidak sanggup melanjutkan. "Pada saatnya, perlahan tapi pasti, anak Anda akan terbiasa berpuasa Ramadhan," kata dr. Cut.

Sementara itu dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK – dokter spesialis gizi klinik RS Pondok Indah – Pondok Indah menyampaikan, ketika membangunkan anak sahur jangan mendadak. Sebaiknya bangunkan satu jam lebih awal sebelum sahur. Sehingga anak dalam keadaan siap sahur.
"Jadi waktu sahur moodnya sudah bagus. Kasih makanan yang komposisinya lengkap. Jangan hanya makan roti putih saja dengan selai cokelat. Ini indeks glikemiknya tinggi sehingga anak cepat lapar lagi," katanya.

Alternatifnya, kocok telur lalu rendamlah roti putih sampai semua permukaan roti sudah terbalur dengan telur. Kemudian dengan sedikit margarin masak roti tadi di wajan teflon. Sajikan roti dengan susu sehingga lengkap nutrisi yang dibutuhkan anak.

Jangan lupa katakan ke anak kalau merasa pusing ketika berpuasa segera bilang ke orangtua agar mereka bisa merasa nyaman berpuasa. Coba dulu puasa setengah hari jika tubuh sudah mampu beradaptasi barulah bisa mencoba puasa sehari penuh.

Agar anak semakin semangat berpuasa, orangtua dapat memberikan penjelasan kenapa umat muslim termasuk anak, harus berpuasa. Berikan penjelasan yang mudah untuk dipahami untuk anak sesuai usianya.

Orangtua juga bisa menyiapkan, hidangan favorit si kecil sebagai menu berbuka puasa juga bisa menjadi trik untuk menarik perhatiannya. Cara seperti ini membantu anak semangat di saat sahur dan berbuka. Seperti menyediakan puding cokelat kesukaannya saat buka puasa. (Sri Noviarni)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)